Comscore Tracker

Lelah dengan Keadaan yang Ada, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan! 

Jangan biarkan dirimu stuck dikondisi itu terus-terusan

Pernah merasa lelah dengan keadaanmu yang ada saat ini? Bingung tidak tahu harus apa sehingga membuatmu terus-terusan stuck di situ-situ saja. Setiap kita pasti pernah merasa lelah dengan keadaan yang menghampiri kita. Tidak jarang juga keadaan ini membuat kita jadi kehilangan arah dan tidak tahu harus berbuat apa.

Untuk kamu yang sedang kebingungan dengan keadaan yang kamu miliki saat ini, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa kamu lakukan.

1. Biarkan dirimu beristirahat untuk sesaat

Lelah dengan Keadaan yang Ada, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan! ilustrasi memberikan istirahat diri sendiri (unsplash.com/Nicole Geri)

Mungkin kamu terlalu lelah dengan apa yang kamu lakukan selama ini sehingga membuatmu kehilangan kendali atas dirimu sendiri. Tidak apa-apa. Itu adalah hal yang biasa. Tidak usah menyalahkan dirimu itu. Perasaan lelah yang kamu alami adalah hal yang wajar.

Jangan terlalu memaksakan dirimu sendiri. Biarkan dirimu beristirahat untuk sesaat. Memaksakan dirimu malah akan membuatmu semakin merasa bingung akan berbuat apa. Memberi jeda untuk sesaat akan membuat pikiranmu bisa fresh kembali.

2. Lakukan sesuatu yang baru yang belum pernah kamu lakukan

Lelah dengan Keadaan yang Ada, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan! ilustrasi melakukan sesuatu yang baru (unsplash.com/Rachael Gorjestani)

Melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya tentunya akan memberikan pengalaman baru untukmu nantinya. Saat kamu tidak tahu harus apa, tidak ada salahnya juga kan untuk mencoba hal-hal baru.

Selama ini mungkin kamu merasa hidupmu terlalu monoton dan membosankan. Makanya kamu perlu melakukan sesuatu hal yang baru yang bisa membuatmu menambah pengalaman baru. Tidak perlu takut untuk mencoba hal-hal baru. Sebab, banyak orang yang berawal dati ketidak bisaan kemudian menjadi bisa sebab ia mau mencoba.

Baca Juga: Perhatikan 8 Tanda Kamu Lelah Secara Emosional, Butuh Istirahat!

3. Keluar dari zona nyaman

Lelah dengan Keadaan yang Ada, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan! ilustrasi keluar dari zona nyaman (unsplash.com/Walker Fenton)

Mungkin penyebab kamu lelah dengan keadaanmu saat ini dikarenakan kamu yang terlalu betah dengan zona nyamanmu itu. Yuk, coba untuk keluar dari zona nyaman itu agar hidupmu bisa lebih baik lagi. Jangan membiarkan dirimu stuck pada kondisi itu terus-terusan.

Terkadang, kita perlu challenge diri kita untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Jadi, cobalah untuk keluar dari zona nyaman jika ingin sesuatu yang baru kamu rasakan. Tidak baik juga untuk dirimu itu jika kamu tidak berani keluar dari zona nyamanmu itu terus-terusan.

4. Jangan terlalu memaksakan diri

Lelah dengan Keadaan yang Ada, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan! ilustrasi memaksakan diri (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Terlalu memaksakan diri juga tidak baik untuk dirimu sendiri. Memaksakan diri malah akan membuatmu menjadi stres. Tidak salah memang jika kamu ingin mengejar apa yang ingin kamu kejar. Tidak salah juga jika kamu ingin mencapai semua yang kamu inginkan. Namun, kamu juga harus ingat untuk tidak terlalu memaksakan diri.

Saat kamu terlalu memaksakan diri, dan apa yang kamu kejar belum memperlihatkan hasil, yang ada rasa kecewamu akan semakin besar. Maka dari itu, lebih baik nikmati setiap proses yang kamu lewati agar kamu tidak terlalu merasa sakit saat apa yang kamu lakukan tidak sesuai dengan rencanamu.

5. Konsisten pada apa yang kamu mulai

Lelah dengan Keadaan yang Ada, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan! ilustrasi konsisten dengan apa yang dimulai (unsplash.com/Alice Dietrich)

Saat kamu sudah berani mencoba hal baru dan keluar dari zona nyamanmu, maka hal yang perlu kamu lakukan yaitu, konsisten terhadap apa yang sudah kamu mulai. Dengan kamu berani konsisten, maka cepat atau lambat kamu akan merasakan manfaat dari apa yang sudah kamu lakukan itu.

Mungkin di awal akan terasa berat bagimu untuk mencoba konsisten. Namun, konsistensi yang kamu lakukan ini kelak akan berbuah manis jika kamu mau bersabar menunggu hasil yang sudah kamu usahakan.

Lelah dengan keadaan yang ada istirahat saja sejenak, pulihkan keadaan dan segera mulai babak baru. Yuk, bangkit dan jangan menyerah!

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Kamu Sebenarnya Sudah Lelah dengan Pekerjaanmu

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya