Comscore Tracker

5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batin

Paham, kok, gak mudah untuk melakukannya, tapi yuk, bisa, yuk!

Siapa yang gak mau hidupnya tenang dan nyaman? Semua manusia di dunia pasti mendambakan hidup yang demikian. Namun, di perjalanannya tiap-tiap manusia pasti dihadapkan permasalahan yang menuntutnya untuk mengorbankan energi dan juga perasaan. 

Gak selalu dari orang lain, kadang permasalahan yang hadir justru berasal dari kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari. Biar kamu gak bikin ribet diri sendiri, berikut ada beberapa prinsip hidup yang harus kamu terapkan agar hidupmu lebih tenang dan jauh dari tekanan batin. Yuk, baca selengkapnya pada ulasan berikut. 

1. Sebelum baik ke orang lain, pastikan kebaikanmu gak bikin susah diri sendiri

5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batinilustrasi menolong orang lain (pexels.com/PNW Production)

Gak ada yang salah dari melakukan kebaikan, justru hal tersebut sangat dianjurkan. Yang salah di sini adalah jika kebaikan yang kamu lakukan itu terkesan menyusahkan dirimu sendiri. Misalkan saja temanmu minta tolong untuk ditemani pergi ke suatu tempat padahal kamu baru saja pulang bekerja dan sangat lelah. Nah, dalam keadaan seperti ini harusnya kamu tahu apa yang harus kamu utamakan.

Ingat bahwa untuk menjadi baik gak harus menyulitkan diri sendiri. Saat kamu tidak bisa, katakan saja yang sejujurnya. Kamu gak perlu memaksakan diri dan selalu berperan layaknya malaikat untuk hidup orang lain. Bukan hal egois kok kalau kamu memprioritaskan ketenangan hidupmu terlebih dahulu.

2. Kalau bisa dikerjakan sendiri, gak usah minta bantuan orang lain

5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batinilustrasi wanita mandiri (pexels.com/Artem Podrez)

Hidupmu gak akan tenang kalau setiap melakukan sesuatu kamu selalu minta bantuan orang. Kebiasaan semacam ini membuatmu merasa gak punya daya saat menghadapi sesuatu seorang diri. Seberapa banyak pun orang yang bisa kamu mintai pertolongan, kamu harus tetap belajar hidup mandiri.

Hidup ini serba ketidakpastian dan dihujani banyak hal yang mengejutkan. Gak ada jaminan kamu akan selalu dibantu oleh orang lain. Jika kamu ingin hidup lebih tenang, belajarlah untuk gak berharap maupun bergantung pada orang lain. Catat ya, kalau kamu bisa melakukan sesuatu dengan kekuatanmu sendiri, jangan sesekali minta bantuan orang. Pantang!  

3. Kerja keras boleh tetapi jangan lupa tubuh juga perlu istirahat

5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batinilustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/Burst)

Setiap manusia memang harus bekerja keras untuk bisa mengubah nasibnya. Namun, bukan berarti kamu boleh bekerja tanpa mengenal waktu. Sadar atau tidak, kebiasaan bekerja sepanjang waktu juga bisa membuat hidupmu gak tenang dan merasa tertekan secara batin. 

Setiap harinya kita harus punya waktu untuk bekerja dan istirahat dengan ukuran yang seimbang. Bekerja terus-terusan tanpa mengindahkan waktu istirahat sama halnya kamu sedang melakukan upaya menyakiti diri sendiri. Ingat lho, uang memang bisa membeli banyak hal, tetapi tidak bisa membeli ketenangan dan kesehatan. 

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup yang Membuatmu Menarik, Beda dari yang Lain

4. Gak usah takut jika kamu berbeda dari orang lain

5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batinilustrasi wanita melamun (pexels.com/Liza Summer)

Saat kamu punya prinsip bahwa perbedaan bukanlah sebuah hal yang perlu ditakutkan nantinya kamu akan hidup jauh lebih tenang. Mengapa demikian? Karena dalam kehidupan ini perbedaan adalah hal yang sulit dihindari. Kita gak bisa memaksa orang lain untuk selalu sama atau sependapat dengan kita dalam berbagai hal, begitu pula sebaliknya. 

Sibuk memperdebatkan siapa yang salah dan benar hanya akan membuang-buang waktu. Selama perbedaan itu gak merugikan orang lain, harusnya kita bisa dengan bijak menerima hal tersebut. Bukankah dengan perbedaan itu hidup kita justru lebih berwarna? Lantas mengapa harus khawatir? 

5. Hidup dan komentar orang lain bukan hal yang perlu kamu pusingkan, pikirkan yang jadi urusanmu saja

5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batinilustrasi sakit (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Siapa nih yang hobinya mengomentari hidup orang lain? Semoga bukan kamu, ya. Karena secara gak sadar hobi tersebut justru membuat hidup seseorang jauh dari rasa tenang. Untuk merasakan ketentraman hidup, kita harus berprinsip bahwa hidup orang ya hidup mereka, kita gak boleh terlalu ikut campur. 

Mengurusi hidup sendiri saja kita sering kewalahan. Lantas mengapa kita harus menambah beban dengan mengurusi hidup orang lain? Biarkan orang lain hidup dengan jalan yang mereka pilih dan kita hidup dengan pilihan hidup yang kita yakini. Selama pilihan tersebut terasa manfaatnya untuk diri seseorang, rasanya kita gak punya hak untuk berkomentar berlebihan. 

Cara seseorang merasakan ketenangan hidup memang berbeda-beda. Ada yang merasa tenang dengan pergi berlibur, ada yang tenang dengan cukup secara finansial, ada yang merasa tenang dengan punya keluarga yang bahagia. Ketenangan itu memang gak punya standar yang pasti, tetapi rasa tenang baru bisa kamu rasakan saat kamu bisa berkomunikasi dengan dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup yang Patut Kamu Tiru, Cuma Buat yang Mau Maju

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya