Comscore Tracker

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manis

Tidak ada yang mau menunggu ketidakpastian

Menjalin hubungan tanpa status mungkin terasa indah pada awalnya karena kalian dan pasangan tidak terikat oleh suatu komitmen atau status yang jelas. Meskipun begitu, akan ada saatnya ketika kalian atau pasangan kalian merasa muak dengan hubungan yang tidak jelas ini, sehingga memilih untuk pergi dan mencari hati yang lain.

Walaupun pada awalnya kalian dan pasangan bersedia untuk menjalani hubungan ini, tapi lama-kelamaan ada banyak hal yang bisa membuat hubungan kalian tak pernah naik level atau tak berakhir bahagia.

Di bawah ini ada tujuh hal yang sering terjadi pada hubungan tanpa status yang akhirnya membuat hubungan kalian tidak pernah berada di satu titik yang jelas. Apa saja?

1. Tidak adanya batasan dalam hubungan

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/MabelAmber

Bagi orang yang sedang menjalani atau terjebak dalam hubungan tanpa status biasanya tidak memiliki batasan dalam hubungannya. Kalian dan pasangan tidak akan peduli, jika nantinya kalian atau pasangan akan bertemu dan berkenalan dengan orang lain secara leluasa pada saat kalian sedang menjalin hubungan tanpa status tadi.

Hal tersebut bukanlah masalah serius dan bukan juga menjadi urusan kalian karena tidak ada batasan, peraturan, atau larangan di antara kalian berdua. Akibatnya, seseorang hanya akan bisa menyimpan perasaan yang tidak jelas, tapi tidak berbuat apa-apa dengan perasaan tersebut.

2. Kurangnya nilai keintiman atau kedekatan

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/StockSnap

Hubungan tanpa status memang memiliki keintiman atau kedekatan yang tak jauh berbeda dengan layaknya hubungan sepasang kekasih. Tapi bayangan masa depan tentang hubungan yang semu ini bisa mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap keintiman atau kedekatan diantara kalian dengan pasangan.

Mengutip dari Office of Population Affairs, hubungan yang memiliki komitmen atau status biasanya lebih menghargai keintiman dan kedekatan satu sama lain. Hal ini pun berdampak positif secara emosional dan beberapa aspek kehidupan lainnya, seperti pekerjaan.

Namun sebaliknya, kalian dan pasangan akan sulit merasakan kedekatan satu sama lain karena tak memiliki komitmen atau status yang jelas.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Menjauhi Hubungan Tanpa Status

3. Rasa insecure

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/DanaTentis

Rasa insecure dalam diri kalian bisa muncul tatkala hubungan tanpa status kalian tidak memiliki batasan tertentu. Hal ini membuat seseorang rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan jiwa, seperti rendahnya tingkat kepercayaan diri, gangguan kecemasan hingga depresi. 

Hal ini memang umum dan berlaku pada seseorang yang sedang dalam berada di hubungan yang 'ekstrem' ini. Insecure bisa membuat kalian lebih banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan hubungan yang tak dilandasi komitmen tadi.

Namun, semua itu tergantung kepada diri kalian masing-masing dan bagaimana kalian memandang hubungan ini adalah sebuah kesalahan atau justru sebuah kebahagiaan.

4. Tak ada kejelasan bikin jadi serba salah

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/quinntheislander

Waktu dan hari-hari yang dilalui bersama lambat laun akan menciptakan sebuah rasa di hati. Awalnya rasa itu menjadi perasaan yang tidak jelas lalu berubah ingin menjadi yang paling diutamakan. Padahal, siapalah kalian di mata pasangan. Rasa cemburu yang mulai membuncah di dalam hati pun membuat seseorang menjadi serba salah karena bingung dengan perasaannya sendiri.

5. Mulai mempertanyakan arah hubungan kalian

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/Takmeomeo

Salah satu hal yang tidak bisa kalian bohongi di dunia ini adalah hati kalian sendiri. Meski kalian terus menerus membohongi diri kalian dalam hubungan tanpa status itu, namun tak dapat dimungkiri semakin hari rasa yang timbul di hati kalian menjadi bertambah besar.

Hubungan tanpa status yang begitu menyenangkan dan bisa menciptakan momen manis pada akhirnya berhasil membuat kalian bertanya-tanya, sebenarnya akan ke arah mana hubungan kalian dan pasangan?

Kalian juga akan mulai bertanya-tanya tentang perasaan pasangan kepada kalian, apakah pasangan kalian juga memiliki rasa terpendam yang sama atau justru kalian hanya mencita seorang diri alih-alih bertepuk sebelah tangan?

Pikiran-pikiran negatif mulai bermunculan dan akhirnya membuat kalian menganggap, jika hubungan ini sebenarnya tak memiliki arti apa pun. Segala pertanyaan-pertanyaan aneh lainnya akan segera muncul yang akhirnya membuat kalian galau.

6. Takut kehilangan hingga tak berani memperjelas hubungan

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/Free-Photos

Di fase ini kalian akan mulai sadar, jika hubungan yang kalian jalani ini sebenarnya hanya indah di awal, tapi lama-lama membuat kalian tersiksa. Kalian akan mulai merasa butuh pengakuan atau kejelasan dari hubungan yang selama ini sudah kalian jalin dengan pasangan. Tapi di lain sisi kalian tidak mau menyebabkan hubungan itu rusak dan akhirnya membuat kalian kehilangan pasangan kalian.

Ketika kalian tidak tahu, apa yang sebenarnya pasangan kalian inginkan dan hati yang juga belum siap bila harus kehilangan, berhasil membuat kalian mengalah dan menerima apa pun yang terjadi dalam hubungan yang tak jelas itu.

Meski kalian harus berdebat dengan hati kecil kalian, tapi itu adalah sebuah keharusan, jika kalian tidak ingin berpisah dengannya.

7. Tak ada komitmen yang mengikat

7 Hal Ini Membuat Hubungan Tanpa Status Tak Pernah Berakhir Manispixabay.com/Free-Photos

Dari semua hal tadi, ada satu hal yang menjadi alasan mendasar dan paling utama, mengapa hubungan tanpa status selalu tak berakhir manis, yaitu karena tidak adanya komitmen atau status jelas yang mengikat kalian dan pasangan. Kalian menjadi tidak bahagia dengan status dan keadaan kalian yang saat ini terkesan semu dan tidak jelas.

Berharap akan dicintai dan ingin memiliki pasangan kalian, tapi takut kehilangan menjadi hal yang 'menghalangi' kalian untuk mengikat pasangan dengan status yang jelas.

Akhirnya, banyak dari kalian memilih untuk merenung dan memutuskan untuk berpisah atau tak lagi berada di jalan yang sama. Hal ini karena kalian sadar bahwa selama ini kalian dan pasangan berada di jalan yang tak memiliki ujung, karena kalian berdua tak memiliki tujuan yang jelas.

Mereka yang memilih hal ini biasanya mulai menata hati kembali untuk move on dan hanya menjalin hubungan pertemanan yang baik. Hubungan pertemanan tanpa rasa cinta atau apa pun itu di dalamnya.

Sebelum akhirnya membuang-buang waktu untuk hal yang tak pasti alih-alih menghabiskan waktu bersama semakin lama ditambah dengan perasaan untuknya semakin dalam, ada baiknya untuk kalian pastikan dulu kejelasan hubungan tersebut. Jangan sampai kalian membuang waktu yang tak pasti hingga menutup mata untuk orang lain yang sebenarnya benar-benar ingin serius dengan kalian.

Bagaimana pun juga, hal-hal tadi akan kembali kepada bagaimana kalian memandang hubungan itu. Namun, pada dasarnya, hubungan akan berjalan lebih kuat ketika dilandasi dengan komitmen.

Baca Juga: Gak Serius, 5 Tanda Ini Tunjukan Pasangan Belum Siap Berkomitmen

Ines Sela Melia S. Photo Community Writer Ines Sela Melia S.

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You