Comscore Tracker

Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejati

Apakah kamu sering melakukannya?

Apakah kamu sudah lama menanti cinta sejati, namun ia tak kunjung datang? Mungkin saja, sesungguhnya sang pujaan hati tersebut gak kunjung datang karena kamu melakukan self sabotage (sabotase diri).

Dalam Psikologi, sabotase diri adalah tindakan untuk meruntuhkan atau menghalangi kebahagiaan mereka sendiri. Lantas, apa saja bentuk sabotase diri yang membuatmu sulit menemukan cinta sejati? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

1. Jatuh cinta pada "potensi" seseorang, bukan menerima realita

Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejatidramabeans.com

Jatuh cinta dengan 'potensi' seseorang, berarti kamu jatuh cinta dengan kemungkinan yang belum terjadi. Misalnya, kamu melihat dia berpotensi jadi orang sukses atau kamu berpotensi menjadi pemimpin keluarga yang baik. Makanya, kamu jatuh cinta dengannya.

Padahal, semua kemungkinan itu belum tentu terjadi lho! Apabila kamu jatuh cinta dengan segala kemungkinan tersebut, kamu akan terus-terusan kecewa ketika ia tidak menjadi seperti apa yang kamu harapkan. 

2. Memiliki terlalu banyak kriteria untuk calon pasangan hidup

Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejatidramabeans.com

Urusan jodoh tentu gak bisa sembarangan. Kita semua pasti memiliki kriteria tertentu dalam memilih pasangan hidup. Namun terkadang, saking banyaknya kriteria, kita sampai menghalangi diri sendiri untuk menemukan cinta sejati.

Memang, punya standar dalam memilih pasangan hidup itu penting. Tapi, kamu juga harus ingat bahwa gak semua orang sempurna!

Bahkan beberapa orang malah mendapat jodoh yang jauh dari kriterianya, lho! Ingat! Kalau kamu terus mencari seseorang yang memenuhi semua kriteriamu, kamu gak bakal pernah mendapat cinta sejati! 

3. Merasa belum mampu atau tidak layak mendapatkan cinta sejati

Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejatidramabeans.com

Bertolak belakang dengan poin sebelumnya, kamu juga melakukan sabotase diri bila terus-terusan merasa belum mampu atau gak layak mendapat cinta. Misalnya, ada seseorang yang menyayangimu tulus. Karena merasa belum mapan, kamu gak merasa pantas untuknya dan membiarkannya pergi.

Ingat! Gak semua orang sempurna! Kamu sangat beruntung apabila bisa menemukan seseorang yang mau menerima dirimu apa adanya.

Makanya, jangan halangi dirimu sendiri untuk mendapat cinta sejati tersebut! Bahkan, cinta darinya mungkin akan memotivasimu untuk menjadi lebih baik!

Baca Juga: 5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cinta

4. Tidak menjadi diri sendiri

Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejatidramabeans.com

Sabotase diri yang umum dilakukan seseorang adalah tak menjadi diri sendiri. Saking inginnya mendapat cinta sejati, kita bisa memakai topeng untuk memperlihatkan sisi-sisi baik saja. Alhasil, gak akan ada orang yang bisa mencintai kita apa adanya.

Apabila kamu terus memakai topeng dalam hubungan, kamu gak bakal pernah merasa bahagia. Oleh karena itu, jadilah dirimu sendiri dan lihat siapa yang mau menerimamu apa adanya. Lalu, perlahan-perlahan kamu dan dia bertumbuh menjadi lebih baik karena cinta. 

5. Kamu terlalu mencintai pasangan sampai lupa mencintai dirimu sendiri

Buka Mata! 5 Sabotase Diri yang Membuatmu Sulit Menemukan Cinta Sejatidramabeans.com

Terakhir, kamu melakukan sabotase diri dalam menemukan cinta sejati apabila mementingkan kebahagiaan pasangan daripada kebahagiaanmu sendiri. Segala-galanya harus dengan pasanganmu sampai kamu lupa membahagiakan dirimu sendiri. 

Ada pepatah, cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain. Bukan egois, tapi kalau terlalu menggantungkan kebahagiaan kepada pasangan, kita bakal merasa kecewa. Padahal yang bertanggung jawab akan kebahagiaan kita, ya diri kita sendiri.

Demikian 5 tindakan sabotase diri yang membuatmu sulit menemukan cinta sejati. Semoga kamu gak melakukannya, ya!

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Jatuh Cinta Sama Seseorang tapi Belum Menyadarinya

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya