Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Pasangan Narsis, Gak Terima Kritik!

Bisa menjebakmu dalam hubungan yang toksik

Capek, gak sih, bersama orang yang selalu membahas tentang ‘aku’ saat kalian bersama? Nah, bisa jadi, kamu sedang menjalin cinta dengan pasangan yang narsis, atau istilahnya, Narcissistic Personality Disorder (NPD) atau gangguan kepribadian narsistik.

Melansir Independent, ada sekitar 6 persen populasi dunia yang menderita gangguan ini, dan menurut penelitian yang terbit dalam The Journal of Clinical Psychiatry, pria lebih banyak yang jadi pengidapnya (7,7 persen), dibanding wanita (4,8 persen).

Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan, untuk mengetahui apakah pasanganmu termasuk orang yang narsis. Berikut ini ciri-cirinya!

1. Hanya tertarik membicarakan tentang dirinya

5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Pasangan Narsis, Gak Terima Kritik!Ilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Supaya pembicaraan bisa berjalan dengan baik, harusnya seimbang, yakni dua arah. Gak cuma kamu saja yang mendengarkan, sementara pihak lainnya senantiasa berbicara. Pasti kamu sebal, kan, kalau lagi ngobrol terus disela? Nah, orang narsis biasanya melakukan itu.

Selain senang memotong pembicaraan, ia pun akan mengarahkan pembicaraan tentang dirinya. Karena orang yang narsis, akan bosan mendengarkan cerita mengenai orang lain. Meskipun itu pasangannya sendiri.

2. Haus dengan pujian

5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Pasangan Narsis, Gak Terima Kritik!Ilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Ciri lain dari orang narsis, adalah haus akan pujian. Hal itu disebabkan keinginan dirinya untuk selalu jadi pusat perhatian. Hal ini pula yang menyebabkan dia selalu menanyakan gimana penampilannya, selalu mengumbar prestasinya, atau memberitahu ke semua orang betapa kaya atau dermawannya dia. Pasanganmu seperti ini?

Baca Juga: Jangan Narsis, Cintai Dirimu Sewajarnya dengan 5 Langkah Ini

3. Gak terima kritik

5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Pasangan Narsis, Gak Terima Kritik!Ilustrasi marah (unsplash.com/Carson Masterson)

Orang narsis, sulit percaya, kalau dia tak sempurna. Pasanganmu selalu meyakini bahwa apa pun yang ia kerjakan selalu benar. Karena itu, ketika kamu mengkritiknya atau memberi saran yang membangun, reaksinya gak menyenangkan.

Ia bisa marah, atau malah menuduhmu yang tidak-tidak, misalnya kamu iri dengannya. Hal yang menyebalkan lainnya, adalah dia sering memandang rendah orang lain. Termasuk dirimu. Dirinya gak mau dikritik, tapi mengkritik orang lain jago banget.

4. Playing victim

5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Pasangan Narsis, Gak Terima Kritik!Ilustrasi pasangan (pexels.com/@thiszun (follow me on IG, FB))

Tanda lain kamu sedang menjalin hubungan dengan pasangan yang narsis, adalah reaksinya yang sering lebay. Walau dia yang salah, tapi karena begitu lihai memosisikan diri sebagai korban, bahkan tak ragu dengan tangisan air mata.

Akhirnya malah kamu yang jadi merasa bersalah dan gak enak. Bahkan seringnya, jadi kamu yang minta maaf padanya.

5. Minim empati

5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Pasangan Narsis, Gak Terima Kritik!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Laura Garcia)

Karena pusat perhatian hanya pada dirinya sendiri, orang yang narsis akan sulit untuk bisa berempati terhadap kesusahan orang lain. Selama hal itu tak menyangkut dirinya, dengan tanpa rasa bersalah, dia tenang saja bersikap cuek. Kalaupun ia bereaksi, bisanya mengandung motif yang akan menguntungkan dirinya nanti.

 

Hubungan cintamu akan sulit untuk berjalan dengan sehat jika pasanganmu itu tipe yang narsis. Karena dia akan selalu menyetir hubungan sesuai dengan kemauannya, dan kemauanmu gak dipentingkan sama sekali. Apakah pasanganmu seperti ini?

Baca Juga: Sama-sama Cinta Diri, 5 Perbedaan Narsis dan Self-Love 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya