Comscore Tracker

5 Risiko yang Harus Dijalani saat Kamu Siap untuk Berpacaran

Sudah siap belum menjalani risikonya?

Saat kamu memutuskan untuk menjalin hubungan, berarti kamu harus siap untuk belajar bertanggung jawab dan menghargai pasangan. Karena sudah memiliki pacar, bukan berarti hidup kamu akan selalu bahagia. Malah sebaliknya, saat kamu siap berpacaran pasti akan ada risiko yang terjadi dan harus kamu hadapi. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

1. Waktu kamu akan berkurang untuk teman dan keluarga

5 Risiko yang Harus Dijalani saat Kamu Siap untuk BerpacaranPexels/Ketut Subiyanto

Menjalin hubungan gak semudah seperti yang kamu bayangkan. Karena ada beberapa risiko yang harus kamu hadapi setelah berpacaran. Salah satunya adalah waktu kamu akan berkurang untuk teman dan keluarga. 

Ini akan menjadi salah satu risiko yang langsung bisa kamu rasakan. Oleh sebab itu, kamu harus belajar adil dalam hal membagi waktu, agar semua orang yang kamu sayangi gak ada satu pun merasa terasingkan. 

2. Kamu juga harus siap dan rela berkorban secara finansial

5 Risiko yang Harus Dijalani saat Kamu Siap untuk BerpacaranUnsplash/Sharon McCutcheon

Berpacaran juga membutuhkan modal dan kamu rela berkorban untuk pasangan. Jangan mengharapkan pasangan yang selalu membayar segala keperluan kamu. Tetapi kamu juga harus rela berkorban secara finansial. 

Tujuannya, agar doi menilai bahwa kamu adalah orang yang bertanggung jawab. Memang gak mudah apalagi kalau kamu belum memiliki pendapatan, karena itu pastikan benar-benar keuangan kamu sebelum berpacaran. 

Baca Juga: Kalau Niat Serius, 5 Hal Ini Harus Dibicarakan saat Pacaran 

3. Orangtua gak setuju dengan hubungan kalian

5 Risiko yang Harus Dijalani saat Kamu Siap untuk BerpacaranPexels/Laura Garcia

Kamu menyukai dia lalu menjalin hubungan dengannya, tetapi kamu gak tahu apakah orangtua kalian setuju atau gak. Jadi, ini risiko selanjutnya yang harus kamu hadapi ketika memutuskan untuk berpacaran. Ada baiknya, untuk kalian tetap berjuang bersama sampai nanti orangtua kalian setuju. Walaupun gak mudah, tetapi kalian harus siap dan bisa menjalaninya bersama. 

4. Pisah dengan pasangan akibat jarak yang gak memungkinkan untuk bersama

5 Risiko yang Harus Dijalani saat Kamu Siap untuk BerpacaranPexels/Andrea Piacquadio

Kalau memang kamu sudah siap menjalin hubungan, pasti risiko ini akan juga kamu dapatkan. Ketika berpacaran bukan selamanya kalian bisa bersama, tetapi akan ada saatnya kalian harus siap LDR. 

Meskipun sulit karena gak bisa lebih sering ketemu doi, tetapi inilah risiko berpacaran. Kamu gak bisa bersikap egois sendiri, padahal keadaan memaksa kalian untuk LDR. Jadi coba mengerti pasangan dan hadapi semuanya dengan dewasa. 

5. Kalau mau pergi harus minta izin dan diskusi ke pasangan

5 Risiko yang Harus Dijalani saat Kamu Siap untuk BerpacaranPexels/Andrea Piacquadio

Ini akan menjadi risiko terakhir yang pasti akan kamu alami saat dirimu siap untuk berpacaran. Kamu harus sadar bahwa sekarang kamu gak sendiri lagi, tetapi sudah memiliki pacar. Jadi kalau mau pergi atau melakukan sesuatu, kamu harus izin dan diskusi dengan pasangan. Dengan begitu kamu juga harus bisa terima keputusannya. 

Berpacaran bukan sesuatu hal yang perlu ditakutkan. Karena ketika kamu sudah siap, seharusnya kamu bisa menjalani lima risiko tersebut. Kalau kalian bisa kompak dan memang saling mencintai, pasti risiko tersebut gak membuat hubungan kalian renggang. 

Baca Juga: Persahabatanmu Terasa Renggang Semenjak Pacaran? Inilah 5 Penyebabnya!

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi Lewat Karya:) Find me on IG: @marr_thaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya