Comscore Tracker

5 Tips Singkirkan Ego Tinggi dalam Hubungan, Dijamin Langgeng!

Terapkan semua tipsnya dari sekarang! 

Masalah ego dapat menjadi perkara utama yang dapat menghancurkan hubungan percintaanmu. Selisih paham, pertengkaran, dan rasa ingin menang sendiri selalu hadir pada pasangan yang memiliki rasa ego yang tinggi. 

Berharap ingin memiliki hubungan yang langgeng, tetapi kamu dan dia sama-sama memiliki ego yang tinggi. Bukan mustahil jika setiap pertengkaran terjadi cekcok yang dapat mengungkit kata putus. 

Agar hal tersebut tidak terjadi dan hubunganmu bisa berlanjut pada pernikahan, lebih baik lakukan tips di bawah ini. 

1. Usahakan untuk tetap mengalah dan rendah hati

5 Tips Singkirkan Ego Tinggi dalam Hubungan, Dijamin Langgeng!Pexels.com/Segopotso Makhutja

Mengalah akan jauh lebih baik dibandingkan marah dengan perkataan dan perilaku yang dapat menimbulkan perpisahan. Meski masalah yang diributkan murni bukan kesalahanmu, tetapi kamu harus tetap mengalah hingga emosi pasanganmu benar-benar stabil. 

Jangan menghakimi pasanganmu saat emosinya sedang memuncak. Alih-alih kamu merasa dibenarkan, malahan kamu akan dibuat sakit hati olehnya. Ia akan mencercamu dan menyalahkan semua yang telah terjadi. Oleh sebab itu, diam dan mengalah merupakan hal yang harus dilakukan. 

2. Redam emosimu dengan membayangkan kenangan terbaik bersamanya

5 Tips Singkirkan Ego Tinggi dalam Hubungan, Dijamin Langgeng!Pexels.com/Artem Beliaikin

Saat amarahmu mulai memuncak dan tidak dapat dibendung lagi, tarik napasmu dan hembuskan perlahan, redam semuanya dengan membayangkan kenangan terbaikmu bersama pasangan.

Melakukannya dapat membuatmu mengenang segala pengorbanan yang telah kamu lakukan dalam hubungan. 

Rasa marah dan kecewamu perlahan akan membaik. Setelah itu, peluklah pasanganmu dan ucapkan permintaan maaf sambil memeluknya. Dijamin deh, kamu dan dia akan lebih sayang satu sama lain. 

Baca Juga: Jangan Sama-sama Egois, Baikan Sama Si Dia dengan 5 Ucapan Ini

3. Selesaikan masalah dengan diskusi bersama dan saling mengerti

5 Tips Singkirkan Ego Tinggi dalam Hubungan, Dijamin Langgeng!Pexels.com/rawpixel.com

Saat semuanya sudah dalam keadaan tenang dan kamu pun sudah dapat berpikir dengan jernih. Luangkan waktu sejenak untuk mengobrol, berdiskusi membahas masalah yang sedang terjadi, dan mencari jalan keluar yang adil. 

Perlu diketahui juga, berdiskusi di sini berarti kamu harus lebih menurunkan ego. Mengerti satu sama lain menjadi sebuah kunci bahwa hubungan yang kamu jalani tidak main-main. 

4. Daripada marah, akan lebih baik jika kamu jadi pendengar baik

5 Tips Singkirkan Ego Tinggi dalam Hubungan, Dijamin Langgeng!Pexels.com/SHAHBAZ AKRAM

Daripada kamu marah gak karuan dan menimbulkan pertengkaran yang dapat memecah hubunganmu dengannya, akan lebih baik saat dia emosi dan kamu pun emosi, kamu menjadi pendengar yang baik untuknya. Cobalah untuk mendengar setiap keluhan yang diucapkannya dan cobalah untuk mengerti. 

Jangan pernah sekali-kali untuk menyela pembicaraannya, sebab dapat menimbulkan rasa tersinggung dalam hatinya. Tugasmu hanya mendengarkan sampai semua yang diucapkannya selesai. Setelah selesai, baru deh kamu menanggapi hal tersebut. 

5. Selalu tanamkan prasangka baik terhadap pasangan

5 Tips Singkirkan Ego Tinggi dalam Hubungan, Dijamin Langgeng!Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Menanamkan prasangka baik sangat penting guna mencegah pertengkaran yang tidak diinginkan. Tanamkan pada pikiran dan hatimu bahwa pacarmu baik-baik saja. Tidak ada perilakunya yang dapat membuatmu sakit hati. 

Selain itu pula, kamu perlu berpikir bahwa hubunganmu sudah dewasa. Tidak baik jika hanya mementingkan ego saja dalam hubungan. Hubungan adalah menyatukan dua persepsi dalam satu arah dan kamu pun harus menghargai setiap hal yang ia lakukan. 

Kelima tips di atas harus kamu lakukan jika menginginkan hubunganmu berlanjut pada tahap pernikahan. Mementingkan ego hanya dapat menyakiti kedua pihak dan merusak hubunganmu dengannya. 

Baca Juga: 5 Langkah untuk Memperbaiki Hubungan yang Sedang di Ambang Kata Pisah

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You