Comscore Tracker

5 Tips Dapatkan Teman Baru bagi Introvert, Buatmu Gak Kesepian Lagi

Selamat tinggal rasa kesepian

Memiliki banyak teman merupakan keinginan bagi banyak orang. Namun, tidak semua orang dengan mudah mendapatkannya, termasuk orang dengan karakter introvert. Introvert sangat sulit sekali berbaur dengan banyak orang. Itulah mengapa introvert hanya memiliki beberapa teman saja. 

Kesulitan yang dialami oleh introvert ini memang wajar terjadi. Introvert memerlukan beberapa kali pertemuan Agar dirinya dapat akrab dan menjalin hubungan pertamanan.

Namun, tidak perlu cemas, jika kamu introvert, bukan berarti kamu akan terus kesulitan dalam memiliki teman. Berikut tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Mulailah bertegur sapa dengan orang yang kamu kenal

5 Tips Dapatkan Teman Baru bagi Introvert, Buatmu Gak Kesepian Lagipexels.com/iPrice Group

Ketika kamu memiliki keinginan untuk berteman dengan orang lain dalam sekala yang luas, maka mulailah dari hal terkecil dulu, yakni menyapa orang yang kamu kenal manakala kamu bertemu dengan mereka. Bersikaplah ramah pada orang kamu kenali dan jangan lupakan senyuman saat menyapa mereka. 

Ketika kamu sudah berusaha untuk menyapa orang-orang kamu kenal, mereka akan menganggapmu sebagai sosok yang menyenangkan. Penampilanmu yang selama ini cuek dan kaku akan luntur dengan sikap ramahmu tersebut. Secara otomatis mereka pun akan menganggapmu sebagai teman. 

2. Berusahalah untuk membuka diri saat bertemu dengan orang baru

5 Tips Dapatkan Teman Baru bagi Introvert, Buatmu Gak Kesepian Lagiunsplash.com/Alexis Brown

Kunci utama untuk dapat berteman dengan banyak orang adalah dengan membuka dirimu sendiri. Ketika kamu berada dalam satu acara dan kamu menemui orang-orang baru, singkirkanlah rasa malu dan malasmu untuk berbaur dengan yang lain. 

Bukalah dirimu dengan sikap yang ramah. Mulailah dengan senyum dan tatapan yang tulus, setelah itu kamu dapat memperkenalkan dirimu. Berbincanglah dengan mereka dengan obrolan yang ringan-ringan saja sampai dirimu merasa nyaman akan situasi tersebut. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-teman

3. Pergi hangout dengan temanmu yang ekstrovert

5 Tips Dapatkan Teman Baru bagi Introvert, Buatmu Gak Kesepian Lagiunsplash.com/Elliot Reyna

Orang dengan karakter introvert tidak selalu berteman dengan introvert lagi. Kamu pasti memiliki teman dengan karakter yang ekstrovert dan mereka mudah sekali berbaur serta mendapatkan banyak teman hanya dengan sekali bertemu saja. 

Belajarlah cara berteman dari ekstrovert. Kamu bisa ikut pergi hangout dengan ekstrovert, sebab dengan kamu pergi dengannya, maka kamu akan dikenalkan juga dengan teman-teman ekstrovert yang lainnya dan hal tersebut dapat memberikan peluang untukmu mendapatkan banyak teman baru. 

4. Bangun koneksi dua arah saat ngobrol

5 Tips Dapatkan Teman Baru bagi Introvert, Buatmu Gak Kesepian Lagiunsplash.com/Anna Vander Stel

Sudah menjadi rahasia umum jika introvert hanya akan berbicara manakala dirinya diajak ngobrol. Namun, kamu yang introvert mulailah untuk mengubah mindset-mu. Jangan hanya mau berbicara manakala kamu ditanya. 

Mulailah dengan kamu yang membuka pembicaraan terlebih dahulu. Bangun koneksi dua arah, kamu bisa menjadi pendengar manakala temanmu bercerita. Pun, begitu dengan mereka yang jadi pendengar manakala kamu bercerita. 

5. Jangan memaksakan diri, buat semuanya senatural mungkin

5 Tips Dapatkan Teman Baru bagi Introvert, Buatmu Gak Kesepian Lagiunsplash.com/Thought Catalog

Jika kamu menginginkan punya banyak teman, lakukanlah semuanya dengan senatural mungkin. Jangan paksakan dirimu untuk berusaha kenal dengan mereka. Jadilah dirimu sendiri dengan apa adanya kamu.

Buat perkenalan dirimu terlihat lebih alami agar mereka juga bisa melihat karakter dirimu sesungguhnya. Melakukannya dengan terpaksa hanya akan membuat semuanya sulit. Alih-alih kamu mendapatkan teman, bagaimana jika mereka menilaimu sebagai orang yang memiliki karakter palsu. 

Mendapatkan banyak teman nyatanya memang tidak sesulit dengan yang introvert bayangkan. Kamu bisa melakukan kelima tips di atas dan lakukanlah dengan rasa tulus. Dijamin deh, kamu bisa memiliki banyak teman baru yang membuat hidupmu tidak kesepian lagi. 

Baca Juga: Bukannya Baik, 5 Tipe Teman Ini Justru Meracuni Kesehatan Mentalmu

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You