Comscore Tracker

5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!

Jadilah penyemangatnya supaya ia bisa bangkit

Setiap kehidupan pasti akan ada masanya kita dalam posisi di atas ada kalanya juga kita terpuruk karena masalah yang sedang kita hadapi. Banyak orang mampu menghadapinya dengan sebuah ketenangan, akan tetapi tidak jarang pula yang lebih merasa putus asa menghadapinya.

Ketika pasangan kita mengalami fase di mana ia sedang merasa putus asa akan masalah yang dihadapinya hingga tidak ada semangat dalam hidup, sebagai orang terdekat hendaknya kita dapat menguatkan pasangan kita. Adapun 5 tips yang bisa dicoba ketika kita ingin menguatkan pasangan saat ia putus asa adalah:

1. Bersikaplah tenang dan biarkan ia meluapkan perasaannya

5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!Freepik.com/pressfoto

Bersikaplah tenang dan biarkan pasangan kita meluapkan perasaan yang ia rasakan, biarkan sementara jika dia menagis sampai ia merasa tenang dengan begitu ia akan lebih bisa mengontrol dirinya sendiri sesudahnya.

Beda halnya ketika pada saat yang tidak memungkinkan, kita menghujaninya dengan banyak pertanyaan yang mungkin menurut kita sebagai tanda rasa khawatir akan tetapi justru akan membuat pasangan merasa kesal dan bisa saja marah besar.

2. Dengarkan semua keluh kesahnya dengan baik dan penuh perhatian 

5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!Pixabay/icsilviu

Setelah pasangan kita merasa tenang, hendaknya mulailah ajak dia untuk bisa bercerita semua keluh kesah yang ia rasakan. Jadilah pendengar yang baik yang mampu membuatnya merasa nyaman di sampingmu hingga bisa menumbuhkan kembali semangat dalam hidupnya di tengah rasa putus asa yang sedang ia alami.

Dengarkan setiap curahan hati pasangan dan jika bisa, cobalah ikut berpikir akan jalan terbaik untuknya.

3. Yakinkan dia dan jika perlu berikan nasehat terbaik darimu 

5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!Freepik.com/freepik

Dalam posisi seseorang yang memang sedang putus asa, jika tidak terkontrol bisa saja melakukan hal-hal buruk dalam hidupnya. Perasaan ingin menyerah pasti ada, maka dari itu sebagai orang terdekat dalam hidupnya hendaknya kita bisa meyakinkan untuk tetap semangat menata hidup yang baru.

Satu hal lagi yang bisa dilakukan dan jika perlukan adalah memberi nasehat terbaik darimu kepadanya, supaya ia mampu menumbuhkan rasa kepercayaan dalam dirinya.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Peluk dia dan bisikan kata-kata penyemangat  

5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!Pixabay.com/Free-Photos

Menguatkan pasangan yang sedang dalam posisi putus asa, bisa juga dengan cara memeluknya. Dengan sebuah pelukan bisa jadi tanda jika kamu yang notabene orang terdekatnya bisa jadi sandaran terbaik yang akan selalu menanti ia bangkit dari keterpurukan.

Bisikan kata-kata penyemangat setelahnya, dengan apa yang kamu lakukan sedikit banyak akan membawa pengaruh positif dan menjadi kekuatan baru dalam hidupnya.

5. Berdoalah selalu untuk kebaikan dalam hidupnya 

5 Tips Menguatkan Pasangan Saat Ia Sedang Putus Asa, Jangan Diam Saja!Pixabay.com/Pexels

Menguatkan pasangan ketika ia sedang merasa putus asa juga bisa dilakukan dengan cara mendoakannya. Sebuah doa dari orang yang tulus akan membawanya pada ketenangan batin yang ia bisa rasakan dari setiap doa yang kamu panjatkan untuknya.

Tidak selamanya perhatian yang kita berikan kepadanya kita lakukan secara langsung, dengan sebuah doa secara tidak langsung akan memberikan kekuatan tersendiri dalam hatinya.

Itulah 5 tips untuk bisa menguatkan pasangan di saat ia sedang merasa putus asa. Jika kamu sedang dalam posisi demikian, coba sedikit tenagkan diri kamu dulu dan kamu juga bisa coba tips di atas lho!

Baca Juga: 5 Pengingat untuk Halau Rasa Putus Asa Saat Hidup Dirundung Masalah 

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya