Comscore Tracker

5 Tips Menenangkan Pasangan yang sedang Stres, Berikan Dia Dukungan!

Jangan biarkan dia sendiri, temani dirinya di masa sulitnya

Saat menjalin hubungan asmara, tidak selamanya masalah yang datang itu berhubungan langsung dengan asmara yang terjalin. Tapi, masalah pribadi yang tidak berkaitan langsung dengan hubungan juga bisa mempengaruhi hubungan asmara yang ada. Yaitu sikap pasangan yang bisa berubah akibat masalah pribadi yang sedang di hadapinya. 
Pasangan bisa menjadi tak banyak bicara, menghindar karena butuh waktu untuk sendiri, hingga tak ada waktu bertemu karena sibuk menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan yang paling parah bisa membuatnya menjadi stres.

Jika sudah seperti itu, maka diperlukannya peranmu untuk membantunya menenangkan diri dan pikirannya yang sedang stres tersebut. Hal tersebut akan memberikan banyak dampak positif, yaitu yang pertama untuk dirimu yang tak lagi sedih melihat pasanganmu stres.

Yang kedua untuk diri pasanganmu agar terlepas dari stres dan bisa kembali fokus ke kamu dan hubungan kalian. Dan yang ketiga untuk hubungan asmaramu agar kembali harmonis dan berjalan seperti biasanya tanpa mengalami pengaruh dari perubahan sikap pasangan akibat stresnya tersebut. Nah, kamu bisa membantu menenangkan pasanganmu dengan lima tips ini. 

Baca Juga: 5 Tempat yang Cocok untuk Menenangkan Hati dan Pikiran, Bebas Stres 

1. Mencoba untuk memahaminya

5 Tips Menenangkan Pasangan yang sedang Stres, Berikan Dia Dukungan!ilustrasi memahami pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Saat masalah datang melanda, biasanya seseorang akan mengalami perubahan pada perilakunya, bisa menjadi tak banyak bicara atau justru mudah marah karena menjadi lebih sensitif dari biasanya. Nah, jika salah satu hal tersebut terjadi pada pasanganmu, maka cobalah untuk memahaminya. Jangan menuntutnya untuk bersikap seperti biasanya atau mempertanyakan perubahan perilakunya yang asing menurutmu. 

Pahami pasangan dengan memberikannya privasi dan ruang lebih untuknya. Jika pasanganmu berubah menjadi tak banyak bicara, sehingga dia belum bisa menceritakan masalah yang membuatnya stres tersebut, maka hargai keputusannya tersebut. Termasuk saat dia menjadi lebih sensitif, maka jika kamu mempertanyakan banyak hal, itu hanya akan memancing emosinya. Jika sudah seperti itu, maka akan memicu pertengkaran di antara kalian jika kamu tidak bisa memahami kondisinya. 

2. Sabar dalam menghadapinya

5 Tips Menenangkan Pasangan yang sedang Stres, Berikan Dia Dukungan!ilustrasi sabar menghadapi (pexels.com/id-id/Timur Weber)

Jangan biarkan pasanganmu sendirian, karena itu hanya akan membuatnya semakin terpuruk dan stres. Temani dirinya sebagai bentuk perhatianmu, namun cobalah untuk tidak banyak bicara saat kondisinya memang tidak kondusif untuk bicara. Kamu harus bisa sabar dalam menghadapinya. Namun jika akhirnya pasanganmu akhirnya memilih menceritakan masalah yang membuatnya stres tersebut, maka jadilah pendengar yang baik untuknya.

Dengarkan segala keluh kesahnya agar dia bisa mengeluarkan seluruh emosi dan beban pikiran yang membuatnya stres tersebut. Dengan bercerita, maka itu akan mengurangi bebannya dan rasa lelahnya secara emosional. Selain itu, saat pasangan memutuskan untuk terbuka akan masalahnya, maka itu menandakan dia sudah mempercayaimu. Apalagi jika masalah tersebut terbilang privasi atau terlalu pribadi untuk dirinya, namun dia memilihmu untuk berbagi. 

Baca Juga: Menenangkan Hati, 5 Rekomendasi Lagu BTS untuk Healing dari Stres

3. Jangan pernah mengguruinya setelah mendengar masalahnya

5 Tips Menenangkan Pasangan yang sedang Stres, Berikan Dia Dukungan!ilustrasi memberi dukungan (pexels.com/SHVETS production)

Setelah mendengarkan masalahnya, jika kamu tidak bisa membantunya dalam memberikan solusi, maka jangan memaksakan dirimu untuk melakukannya. Namun, jika kamu merasa bisa membantunya, maka jangan ragu untuk mengemukakan pendapat dan saran yang kamu miliki.

Katakan pandanganmu mengenai masalah yang sedang dihadapinya tersebut. Kamu juga perlu memperhatikan kata-kata yang kamu keluarkan. Usahakan kata-kata tersebut tidak sampai menyinggungnya atau seolah mendikter dirinya. 

Jangan pula kamu memaksanya untuk menuruti saran yang kamu berikan. Bebaskan dirinya untuk memutuskannya sendiri. Kemudian, jangan pernah mengguruinya. Sekalipun jika memang masalah tersebut terjadi karena kesalahannya, namun kamu juga tidak harus memberikannya kritik pedas atau malah menyalahkannya. Karena hal tersebut hanya akan membuatnya stres karena semakin menyesal. Dia juga akan merasa terpojok dan tertekan jika kamu melakukannya. 

4. Jadilah tempat untuknya bersandar

5 Tips Menenangkan Pasangan yang sedang Stres, Berikan Dia Dukungan!ilustrasi jadi tempat bersandar (pexels.com/cottonbro)

Saat dia mengalami masalah berat yang sampai membuatnya stres, berikan dia dukungan secara emosional dengan kehadiranmu di sisinya. Biarkan dia tahu bahwa kamu bisa menjadi tempat untuknya bersandar. Saat ini pastilah dia membutuhkan seseorang yang bisa mengerti dirinya dan keadaannya. Maka kamu sebagai orang terdekatnya saat ini bisa melakukan hal tersebut untuknya. 

Berikan dia pelukan hangat atau genggam tangannya untuk menunjukkan bahwa dia tidak sendirian, bahwa kamu akan selalu ada menemaninya melewati masa-masa sulitnya. Tunjukkanlah bahwa ada kamu yang akan selalu berada di sisinya dan yang akan terus mempedulikannya. Walau terkesan sederhana, namun yang kamu lakukan itu menjadi berarti untuknya yang saat ini sedang terpuruk dan stres dalam menghadapi masalahnya. 

5. Bangkitkan kepercayaan dirinya

5 Tips Menenangkan Pasangan yang sedang Stres, Berikan Dia Dukungan!ilustrasi bangkitkan semangat (pexels.com/ Diva Plavalaguna)

Jika dia stres karena mengalami kegagalan hingga membuatnya jatuh dan merasa gagal akibat masalahnya tersebut, maka bantulah dia bangkit dari rasa terpuruknya tersebut. Katakanlah bahwa hampir semua orang pernah mengalami kegagalan dan jika mereka bisa melewatinya, maka pasanganpun pasti bisa melakukannya. Berikan dia semangat untuk bangkit kembali. 

Berikan dia pandangan yang positif bahwa masa-masa sulitnya sekarang bisa menjadi pembelajaran untuk dirinya agar lebih baik lagi dalam melangkah dan memutuskan sesuatu ke depannya. Katakanlah bahwa pasti ada hikmah di balik kejadian tersebut. Dengan begitu, kepercayaan diri pasanganmu pun bisa kembali lagi. 

Jangan biarkan pasanganmu merasa sendirian di masa-masa sulitnya saat ada masalah yang datang menghampirinya. Apalagi jika dia sampai stres akibat masalah tersebut. Kamu bisa menenangkannya dengan lima tips di atas. Dukunganmu adalah semangat terbesarnya untuk bisa melalui semua cobaan yang saat ini sedang dihadapinya. 

Baca Juga: Kamu Merasa Panik dan Cemas? Ini 5 Cara untuk Menenangkan Diri 

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya