Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Buru-buru Menikah

Ingat, menikah itu bukan balapan!

Menikah dengan kekasih impian merupakan goals setiap orang. Tetapi, banyak orang yang cenderung buru-buru menikah tanpa memikirkan hal lain terlebih dahulu.

Padahal, menikah itu sejatinya dipengaruhi oleh banyak aspek jika ingin benar-benar diselimuti kebahagiaan. Lagipula, buru-buru menikah tanpa memperhatikan hal-hal penting seperti materi ataupun mental itu juga akan berdampak negatif.

Berikut beberapa dampak buruk yang bakal terjadi jika kamu ingin cepat-cepat menikah tanpa berpikir panjang. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu kemungkinan besar akan kecewa jika ternyata pasanganmu tidak sesuai ekspektasi

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Buru-buru Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Jika buru-buru menikah, kamu gak akan mengenal pasanganmu seutuhnya. Hal itu bakal memicu sesuatu yang buruk terjadi pada saat menikah nanti.

Salah satu contohnya adalah ekspektasimu terhadap pasanganmu pasti gak bakal akurat seratus persen. Ia bakal melakukan hal-hal buruk yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

Apakah kamu ingin menghadapi situasi semacam itu? Jika tidak, cobalah untuk lebih bersabar dalam menjalin hubungan dengan pasanganmu sebelum menikah.

2. Kamu bakal memiliki kemampuan ekonomi yang masih terbatas

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Buru-buru Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Selain itu, kamu juga bakal bermasalah perihal ekonomi jika buru-buru menikah. Hal itu karena untuk saat ini, kamu masih merintis upaya untuk menggapai kebebasan finansial. Kamu akan kesulitan melakukannya sebab harus menghidupi orang lain juga yang merupakan istrimu.

Sebenarnya hal semacam ini tidak akan menjadi masalah besar jika kamu terlahir dari keluarga yang sangat berkecukupan. Tetapi, jika kamu harus merintis dari awal perihal kemampuan materi, cobalah untuk bersabar untuk tidak buru-buru menikah demi tergapainya target ekonomi.

Baca Juga: Selalu Menyudutkan, Kenali 5 Ciri Pasangan Egois Sebelum Menikah

3. Kamu juga akan kebingungan perihal tempat tinggal bersama pasangan

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Buru-buru Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Selanjutnya, kamu pasti akan kebingungan perihal tempat tinggal bersama pasangan. Beberapa pilihan yang kemungkinan besar terjadi adalah kamu dan pasangan bisa tinggal di rumah mertua atau orangtua.

Namun, kamu harus ingat bahwa hal tersebut tidak seindah yang dibayangkan. Kamu wajib berperilaku sebaik mungkin jika tinggal bersama mertua.

Selain itu, mereka juga pasti akan mengatur kehidupan sehari-harimu sehingga membuatmu menjadi tidak bebas. Oleh karena itu, coba deh untuk mempertimbangkan hal ini sebelum menikah.

4. Kamu belum punya kedewasaan yang cukup dalam membina rumah tangga

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Buru-buru Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika buru-buru menikah di usia yang boleh terbilang sangat muda, kedewasaanmu pasti belum cukup. Hal tersebut tentunya akan berdampak buruk jika kamu dan pasangan suatu saat bertengkar. Kamu masih belum punya kemampuan memanajemen ego dengan baik sehingga pertengkaran susah terselesaikan.

Oleh karena itu, jika masih belum punya kedewasaan yang mumpuni, jangan buru-buru menikah. Cobalah untuk mempertimbangkan kedewasaan dalam hal berpikir ketika menjalin hubungan bersama pasangan. Latih sikap dewasamu mulai dari sekarang, yuk!

5. Kamu harus mempertimbangkan keputusan bersama dalam meniti karier

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi jika Kamu Buru-buru Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Terakhir, kemungkinan besar kamu bakal punya karier yang susah meningkat. Hal ini terjadi karena bayang-bayang pasanganmu. Maksudnya di sini adalah kamu harus mempertimbangkan persetujuan istri atau suamimu sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah pekerjaan impianmu.

Jika kamu adalah sosok yang menganggap karier adalah sebuah hal penting, jangan buru-buru menikah. Alangkah lebih baik jika kamu fokus ke karier terlebih dahulu sebelum menikah agar nantinya tidak ada rasa penasaran dalam hatimu.

 

Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu masih ingin buru-buru menikah? Ingatlah bahwa menikah itu bukanlah sebuah balapan. Jika ingin punya keluarga bahagia, persiapkan segala aspek penting sebelum melangsungkan pernikahan.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Tekanan untuk Segera Menikah dari Orang Sekitar

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya