Comscore Tracker

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!

Mana yang belum kamu terapin?

Tanpa pergi ke perawatan estetika, sebenarnya kamu bisa menjaga kesehatan kulit di rumah lho! Asal disiplin memakai skincare dan rutin melakukan kebiasaan yang baik untuk kulit, pelan-pelan kamu bakal dapat kulit yang bersih dan cerah. Berikut IDN Times berikan kebiasaan sederhana yang mudah kamu terapin agar kulit makin glowing bak cewek Korea. Mau tahu seperti apa? Yuk, intip di bawah ini!

1. Hapus makeup sebelum tidur

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Simply way yang bikin kulit wajah tetap terjaga kebersihannya adalah menghapus sisa makeup setelah beraktivitas dengan double cleanser.

Sebelum memakai skincare malam, wajah harus dalam keadaan bersih agar kandungan nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat terserap maksimal.

Jangan sampai karena kelelahan atau malas, kamu mengabaikan membersihkan makeup yang masih menempel sebelum tidur.

2. Pakai pelembap dan sunscreen sebelum memulai aktivitas

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Langkah pertama skincare yang wajib dilakukan adalah memakai pelembap dan sunscreen. Meskipun sedang di rumah, jangan kelupaan mengoleskan pelembap untuk menjaga keseimbangan produksi minyak pada kulit. 

Sunscreen membantu melindungi kulit wajah terpapar langsung dari sinar UV. Pemakaian sunsreen juga berperan untuk mencegah kulit kusam karena terkena sinar matahari langsung. Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup agar kulit wajah tetap terjaga. 

3. Rutin pakai masker dan eksfoliasi wajah

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Pemakaian eksfoliasi berguna sebagai langkah akhir dalam membersihkan wajah agar siap diaplikasikan masker. Eksfoliasi membantu kulit terbebas dari sel kulit mati dan kotoran yang membandel. 

Kebiasaan lain untuk menjaga kesehatan kulit kamu adalah memakai masker secara rutin. Kamu boleh pakai masker dari produk kimia maupun masker dari bahan alami yang kamu bikin sendiri, yang penting cocok untuk kulit kamu.

Pakai masker setidaknya seminggu sekali untuk memastikan kulit mendapatkan nutrisi dari luar. Masker bermanfaat untuk mengencangkan kulit, menyamarkan pori-pori, dan mencerahkan wajah. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 8 Bahan Skincare yang Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing

4. Tidur cukup

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!IDN Times/Rizka Yulita

Setidaknya kamu punya waktu tidur antara 6-8 jam dalam satu hari. Tidur yang cukup akan menghindarkan kamu dari stres yang dipicu oleh hormon kortisol.

Saat kamu mau menjaga ketenangan batin dengan istirahat, secara gak langsung kamu juga menjaga kesehatan kulit wajah. Tidur yang cukup akan mengisi kembali energi yang telah digunakan selama seharian, sehingga kamu jadi lebih segar saat bangun di pagi hari. 

5. Banyakin minum air putih

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Air membantu untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kestabilan metabolisme tubuh. Air bisa membantu membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Selain rajin minum air putih, hindari gaya hidup kurang baik seperti minum kopi, susu, minuman  mengandung soda, rokok atau alkohol secara berlebihan. 

6. Mengonsumsi makanan sehat

Tanpa Pemutih, 6 Kebiasaan Simpel Ini Bikin Kulit Makin Glowing lho!IDN Times/Rizka Yulita

Memberi nutrisi tubuh bukan hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh serta kulit wajah. Pastikan kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuh terpenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur setiap hari. 

Itu tadi beberapa kebiasaan sederhana untuk membuat kulit kamu makin glowing secara mandiri. Yuk, lebih perhatian sama dirimu mulai dari sekarang!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Korea yang Bikin Wajah Makin Glowing

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya