Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitif

Aman dan alami, tanpa efek samping!

Kulitmu pernah mengalami gatal-gatal setelah mencoba kosmetik tertentu? Atau kulitmu menjadi merah setelah memakai produk perawatan kulit? Kalau jawabannya iya, mungkin saja kulitmu termasuk jenis kulit yang sensitif.

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan tertentu, misalnya saat memakai kosmetik, sabun, atau aneka jenis produk perawatan kulit lainnya. Reaksi yang ditimbulkan bisa berupa rasa gatal, rasa perih, ataupun berupa bercak kemerahan pada kulit.

Nah kalau kamu termasuk orang yang punya kulit sensitif, kamu bisa coba mengatasinya dengan memakai lima bahan alami berikut ini.

1. Lidah buaya

5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitiforganicfacts.net

Sejak jaman dahulu, lidah buaya (atau aloe vera) sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kalau kulit sensitifmu terasa gatal dan memerah, kamu bisa memakai lidah buaya untuk mengatasinya.

Caranya potonglah lidah buaya, lalu cuci yang bersih. Lalu kupas lidah buayanya, kemudian blender hingga halus berbentuk gel. Oleskan gel lidah buaya ini ke kulitmu, dan tunggu sampai kering. Setelah kering kamu bisa mencuci kulitmu dengan air hangat. 

2. Mentimun

5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitiffood.ndtv.com

Kalau kulit sensitifmu terasa kering dan perih, mungkin saja kulitmu mengalami dehidrasi. Tapi tenang saja, kamu bisa mengurangi rasa kering dan perih pada kulitmu dengan memakai mentimun. Karena banyak mengandung air, mentimun bagus banget nih untuk mengatasi dehidrasi dan menjaga kelembapan kulit sensitif kamu.

Caranya cuci bersih mentimun dengan air, kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu letakkan irisan-irisan mentimun tadi di kulitmu. Biarkan hingga beberapa saat, atau sampai rasa kering dan perihnya reda. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air dingin.

Baca Juga: 5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!

3. Kentang

5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitifboldsky.com

Kamu pasti tahu kentang dong? Bahan yang satu ini sering banget diolah menjadi berbagai makanan makanan lezat, misalnya saja french fries, perkedel dan kroket kentang. Ternyata nih selain enak dimakan, kentang juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit. Termasuk mengatasi berbagai masalah kulit sensitif, seperti rasa perih, ataupun menghilangkan flek pada kulit.

Caranya juga mudah banget. Ambil sebutir kentang, lalu kupas. Kemudian blender kentang tersebut hingga halus. Setelah itu aplikasikan bubur kentang ini pada wajah, hingga menyerupai masker kentang. Tunggu beberapa saat hingga kering, setelah itu bersihkan dan bilas dengan air hangat.

4. Pisang

5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitifunsplash.com/gabrielle henderson

Siapa sangka kalau buah yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kulitmu? Kalau kamu takut kulitmu kering karena sensitif terhadap aneka produk perawatan kulit, jangan khawatir karena pisang dapat membantu menjaga kelembapan kulitmu. Pisang bahkan dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Caranya juga mudah, cukup blender pisang hingga halus dan menjadi bubur pisang. Kemudian balurkan pada kulitmu, lalu tunggu 10-15 menit. Kemudian bersihkan dan bilas dengan air. Setelah itu kamu bisa lihat sendiri deh hasilnya.

5. Kunyit

5 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Sensitifunsplash.com/hillary hahn

Kalau bahan yang satu ini, siapapun pasti tahu ya. Selain sebagai salah satu bumbu untuk masakan, kunyit dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Nah ternyata nih kunyit juga bisa membantu kamu mengatasi masalah kulit loh. Kandungan antiseptik pada kunyit bisa mencegah munculnya jerawat, dan mengurangi ruam-ruam kemerahan pada kulit sensitif kamu.

Cara memakainya, kupaslah dan haluskan kunyit lalu tambahkan madu. Kemudian balurkan pada kulitmu, tunggu sampai kering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Kalau kamu tidak mau ribet menghaluskan kunyit, kamu bisa memakai kunyit bubuk instan.

Cobain deh, dijamin kulitmu akan halus dan mulus.

Baca Juga: Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Matahari

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You