Comscore Tracker

5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit Wajah, Memudarkan Bekas Jerawat!

#IDNTimesLife Bisa melembapkan kulit juga

Vitamin C mengandung antioksidan kuat yang berguna untuk mempertahankan kulit dari serangan radikal bebas yang dapat merusak kulit maupun sel-sel kulit lain di dalam tubuh. Oleh karenanya, gak asing bila banyak produk skincare yang memakai bahan aktif vitamin C ke dalam produknya, baik serum, moisturizer, maupun toner

Tentunya semua kandungan tersebut telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit terlebih dahulu. Nah, berikut ini beberapa manfaat vitamin C bagi kulit wajah dan dunia kecantikan yang perlu kamu ketahui.

1. Memudarkan noda bekas hiperpigmentasi

5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit Wajah, Memudarkan Bekas Jerawat!unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Hiperpigmentasi merupakan jenis masalah kulit berupa bercak hitam pada kulit yang disebabkan oleh produksi melanin yang terlalu banyak. Meski gak berbahaya, namun masalah ini terbilang cukup mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan produk yang mengandung vitamin C. Pasalnya, melansir Greatist.com, penggunaan vitamin C telah terbukti mengurangi tanda-tanda hiperpigmentasi karena dapat menghambat produksi tirosinase (enzim yang berkontribusi pada produksi melanin).

2. Memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari

5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit Wajah, Memudarkan Bekas Jerawat!pixabay.com/Kjerstin_Michaela

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan jelas memberikan dampak buruk pada kulit. Akan tetapi, kamu bisa melindunginya dengan penggunaan vitamin C dalam dosis tertentu.

Dilansir dalam laman yang sama, sebuah studi menemukan fakta bahwa orang dengan kerusakan kulit ringan hingga sedang mengalami perbaikan kulit yang signifikan setelah menggunakan perawatan vitamin C selama 3 bulan. Hal ini termasuk pengurangan garis-garis halus, kulit kering dan kasar, serta warna kulit yang berbeda.

3. Melembapkan kulit

5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit Wajah, Memudarkan Bekas Jerawat!pexels.com/Sora Shimazaki

Salah satu turunan vitamin C, Magnesioum ascorbyl phospate, yang digunakan dalam produk perawatan kulit dipercaya memiliki efek melembapkan yang cukup baik pada kulit. Mengutip healthline.com, kandungan tersebut bahkan mampu mengurangi kehilangan air transpidermal dan meningkatkan kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan.

Selain itu, vitamin C juga bisa mendorong produksi kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit tampak kencang dan elastis. Dengan begitu, kamu pun bisa memperlambat munculnya tanda penuaan kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vitamin C Khusus Wajah, untuk Kulit Awet Muda dan Cerah

4. Mengurangi peradangan

5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit Wajah, Memudarkan Bekas Jerawat!pexels.com/Andrea Piacquadio

Penelitian lain menunjukkan bila vitamin C efektif dalam meredakan tanda-tanda yang terkait dengan kondisi kulit inflamasi, seperti dermatitis, jerawat, dan psoriasis. Akan tetapi, jika kondisi yang kamu miliki cukup parah sebaiknya kunjungi dokter atau ahli profesional guna mendapatkan penanganan yang lebih baik.

5. Membantu regenerasi kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas

5 Manfaat Vitamin C bagi Kulit Wajah, Memudarkan Bekas Jerawat!pixabay.com/jmexclusives

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang terkenal kaya akan antioksidan. Zat tersebut bermanfaat untuk melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang cukup berbahaya. 

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C berguna untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan serta memicu regenerasi dengan menetralkan radikal bebas. 

Itu dia beberapa manfaat vitamin C bagi kulit wajah yang penting untuk kamu ketahui. Lantas, manfaat mana yang sudah pernah kamu rasakan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Vitamin C Buat Mencerahkan Kulit, Dijamin Ampuh

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya