Comscore Tracker

5 Trik Membuat Eyeshadow Smokey Eyes, Gampang!

Brush menjadi hal penting, lho

Riasan mata merupakan hal yang paling penting dari sebuah penampilan. Saat ini, gaya eyeshadow bernama smokey eyes cukup diminati perempuan.

"Itu (smokey eye) menambah drama ke wajah dan membawa banyak perhatian ke mata," ujar Mai Quynh, seorang celebrity makeup artist, dilansir Popsugar.

Dengan tampilan yang nyentrik karena menggunakan warna yang bold, riasan smokey eyes ini menawarkan look yang unik dan mampu mempertajam garis mata. Terlihat cukup sulit untuk melakukannya, padahal ada trik mudah membuat smokey eyes!

1. Pemilihan brush eyeshadow yang tepat

5 Trik Membuat Eyeshadow Smokey Eyes, Gampang!ilustrasi brush (pexels.com/cottonbro studio)

Brush merupakan salah satu alat yang paling dibutuhkan dalam mengaplikasikan riasan di wajah. Kegunaan brush yang berfungsi untuk blend ataupun mencampurkan riasan eyeshadow di kelopak agar dapat mengikuti garis mata.

Dalam membentuk smokey eyes, setidaknya dibutuhkan kuas yang berbeda. Ada brush yang digunakan untuk blend warna hitam dan cokelat, serta ada juga brush yang berfungsi untuk membentuk sudut mata.

2. Memberikan warna dasar terlebih dahulu

5 Trik Membuat Eyeshadow Smokey Eyes, Gampang!ilustrasi mengaplikasikan warna dasar ke kelopak mata (pexels.com/PNW Production )

Sebelum memberikan warna gelap seperti hitam atau pun cokelat, terlebih dahulu kamu harus mengaplikasikan warna terang seperti cokelat muda sebagai dasarnya. Dengan memberikan warna dasar, hasil smokey eyes pun akan lebih terang dan pigmented. 

"Saya suka melapisi kelopak mata untuk membantu bayangan dan liner agar tidak bergerak sepanjang hari," kata Erica Davidson, penata rias yang bekerja di Los Angeles, dikutip dari laman Popsugar.

Untuk pemilihan warna dasar, kamu bisa menggunakan foundation yang senada dengan warna kulitmu. Lalu, tambahkan warna terang seperti cokelat muda atau abu-abu.

3. Gunakan warna gelap dan bantuan eyeliner untuk membentuk sudut mata 

5 Trik Membuat Eyeshadow Smokey Eyes, Gampang!ilustrasi smokey eyes (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setelah warna dasar memenuhi kelopak mata, mulailah aplikasikan warna gelap seperti cokelat dan hitam. Untuk cokelat, taruh ke bagian dalam mata sedangkan warna hitam riaskan ke sepanjang garis mata hingga ke bagian luar mata.

"Saya akan merekomendasikan Anda memasukkan warna cokelat tua atau bahkan abu-abu untuk menurunkan intensitas bayangan hitam. Gunakan juga pensil cokelat tua pada mata yang lebih kecil," ucap Lennie Billy, seorang makeup artist yang bekerja di Vogue US, L’Official Lituania, ESPN Magazine dan TIME Magazine, dikutip dari Ipsy.

Setelah itu, gunakan lakukan blend terhadap warna gelap dan warna terang pada kelopak matamu. Inilah langkah pentingnya, tepuk-tepuk warna paling gelap ke bagian luar mata dan dengan lembut sapukan ke arah tengah kelopak mata, terutama sepanjang garis bagian eyelid

"Menepuknya pada eyelid menjadi penting karena Anda ingin warnanya terbayar dan tidak terlihat seperti sapuan warna," kata Mai Quynh, dikutip dari Popsugar.

4. Gunakan eyeliner untuk mempertegas mata

5 Trik Membuat Eyeshadow Smokey Eyes, Gampang!ilustrasi menggunakan eyeliner (pexels.com/Andrea Bova)

Setelah smokey eyes telah terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah penggunaan eyeliner. Memberikan garis hitam di sepanjang garis mata berfungsi untuk mempertajam hasil smokey eyes.

Maka, ambil eyeliner berwarna hitam lalu tarik dari arah dalam mata hingga ke bagian luar. Model eyeliner yang paling cocok untuk smokey eyes adalah all around eyeliner, yaitu bentuk garis yang digambarkan sepanjang kelopak atas dan bawah.

Meski demikian, langkah ini sebenarnya pilihan. Jika kamu ingin semakin bold, maka padukan dengan eyeliner. Namun jika sebaliknya kamu tidak ingin, tidak menjadi masalah.

5. Gunakan maskara yang bervolume tebal

5 Trik Membuat Eyeshadow Smokey Eyes, Gampang!ilustrasi menggunakan maskara (pexels.com/Nivedita Singh)

Smokey eyes akan dominan dengan tampilan kelopak mata yang gelap dan bold. Untuk menyempurnakan riasan smokey eyes akan dibutuhkan maskara dengan volume yang tebal agar tercipta look yang lebih tegas. 

Maskara digunakan sebagai langkah akhir dalam pembuatan smokey eyes. Usahakan memilih maskara yang waterproof agar eyeshadow pun tampil lebih cetar dan tahan lama.

Mengaplikasikan eyeshadow bermodel smokey eyes memang terlihat susah karena menghasilkan tampilan yang tebal. Padahal, jika mengetahui triknya smokey eyes ini bisa jadi makeup andalan saat menghadiri acara-acara tertentu.

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya