Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] Apa Ya Bedanya Gaya Vintage dan Retro?

Ternyata kedua gaya tersebut gak sama lho

Meski terbilang jadul, old fashioned gak pernah ditinggalkan oleh pecinta fashion. Gaya ini memiliki karakter sendiri sehingga memberi kesan ikonik pada pemakainya. Salah satu gaya old fashioned yang masih digandrungi adalah vintage dan retro.

Bagi orang awam, kedua gaya ini mungkin terlihat sama. Namun, jika diperhatikan secara detail, vintage dan retro memiliki perbedaan. Berikut beberapa perbedaan dari gaya vintage dan retro.

1. Gaya vintage diadaptasi dari era 20an sampai 60an

[INFOGRAFIS] Apa Ya Bedanya Gaya Vintage dan Retro?phpbits.info & johnpwalshblog.com

Gaya vintage diadaptasi dari era 20an sampai 60an. Di masa ini, tren berbusana didominasi dengan gaya feminin. Gak heran jika penggunaan warna yang paling sering diaplikasikan adalah warna-warna soft. Selain itu, model busana vintage gak jauh dari motif polos, bunga, polkadot dan stripes.

Pada abad ke-20, kemegahan industri film dengan penampilan para bintangnya menginspirasi sejumlah model busana. Mulai dari bahan bunga-bunga, rok panjang yang melambai, busana berbahan bulu binatang, mantel tanpa lengan hingga hiasan berupa pita. Pemakaian zipper dan penggunaan bahan nilon juga mulai dikenal di era ini. Salah satu desainer ternama, Salvatore Ferragamo pun turut memperkenalkan platform shoes yang merupakan sepatu dengan hak super tebal.

Namun setelah Perang Dunia II, perubahan besar terjadi dalam dunia fashion. Jumlah material dalam penggunaan sejumlah garmen mulai dibatasi. Sehingga para desainer diminta untuk membuat baju dengan bahan seminimal mungkin. Pada era ini, pemakaian zoot suit, kaus berwarna terang, bikini garis-garis hingga blouse feminin mulai menjadi tren. Sampai pada akhirnya, mereka mulai mengenal rebel look, hippie style, rok berbentuk balon, dan pointed bras sejak tahun 1950-an sampai 1960an.

2. Berbeda dengan vintage, gaya retro diadaptasi dari era 70an sampai 90an

[INFOGRAFIS] Apa Ya Bedanya Gaya Vintage dan Retro?imdb.com

Berbeda dengan vintage, gaya retro diadaptasi dari era 70an sampai 90an. Busana glamour dan berani cukup digandrungi di era ini. Gaya retro juga cukup populer di kalangan artis Hollywood dan sering dikenakan dalam acara penghargaan bergengsi. Warna yang sering digunakan dalam busana retro identik dengan warna-warna cerah. Busana bergaya disko juga cukup erat kaitannya dengan gaya retro, seperti celana cutbray, jaket kulit dan baju atasan yang terbuat dari manik-manik. Motif yang sering ditemukan dalam gaya retro adalah motif simetris dan gemerlap.

Terbebas dari tekanan Perang Dunia II, industri fashion semakin kreatif. Mulai banyak wanita yang berani mencoba sesuatu yang baru, terutama dalam hal berpakaian. Saat memerankan film Dukes of Hazzard, artis Catherine Bach mampu menyihir jutaan manusia dengan pakaian yang dikenakannya yaitu short pants dan baju kota-kotak. Selain itu, rok panjang bermotif, bell bottoms, serta gaya glam rock juga menjadi tren di era ini.

Kemudian memasuki tahun 80an, rambut yang mengembang mulai menjadi tren. Fashion icon, Madonna juga memperkenalkan ripped jeans di tahun ini. Gaya berbusana Lady Diana pun turut menjadi patokan di kalangan masyarakat. Power suit lengkap dengan bantalan bahu juga menjadi pakaian wajib para wanita yang bekerja saat itu. Michael Jackson pun memainkan peran penting untuk gaya retro. Bukan hanya tahun 80an, jaket merah dan sarung tangan putih khas Michael Jackson masih sering dijadikan patokan hingga tahun 90an.

Baca Juga: Kembali Hits, Intip 10 Inspirasi Padu Padan Outfit Bertema Retro

3. Selain itu, perbedaan gaya vintage dan retro bisa kamu lihat dalam infografis berikut

[INFOGRAFIS] Apa Ya Bedanya Gaya Vintage dan Retro?IDN Times/Wildan Zalfi

Meski diadaptasi dari era 20an sampai 90an, gaya vintage maupun retro masih kerap dijumpai saat ini. Beberapa desainer seperti Mario Prada, Guccio Gucci, Louis Vuitton juga kerap terlihat mengadopsi gaya ini untuk koleksi busana mereka. Perbedaan lebih jelasnya tentang gaya vintage dan retro bisa kamu lihat pada infografis di atas.

Nah, sekarang sudah tahu kan bedanya gaya vintage dan retro? Kamu lebih suka gaya yang mana nih?

Baca Juga: 10 OOTD Stephanie Wose dari Kasual, Formal, hingga tampilan Vintage

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima

Just For You