Comscore Tracker

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuh

Drama di saat menstruasi gak terulang lagi deh

Tamu yang selalu mendatangi kamu tiap bulannya yakni menstruasi memang terkadang membuat perempuan deg-degan. Biasanya menstruasi datang satu kali dalam sebulan, namun tidak menutup kemungkinan bila tubuhmu sedang mengalami perubahan hormon, seperti kelelahan, stres dan lainnya, maka menstruasi bisa datang dua kali dengan waktu yang cukup lama.

Umumnya menstruasi normal terjadi sekitar 28-35 hari, tapi tergantung masing-masing kondisi tubuh. Lalu apa sih yang harus kamu lakukan untuk melancarkan haid?

Berikut ini ada beberapa tips atau cara melancarkan haid tanpa efek samping yang mungkin bisa kamu coba terapkan, asalkan kamu mengikutinya dengan baik dan benar ya!

1. Hindari aktivitas berlebih

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuhpexels/Bruce Mars

Perubahan siklus menstruasi kerap dialami perempuan modern yang memiliki segudang aktivitas. Padatnya rutinitas seharian penuh menguras habis seluruh energi dalam tubuhmu.

Beban pikiran akibat aktivitas berlebih ini bisa mengacaukan kondisi fisik dan mental sehingga membuat siklus menstruasi kamu terganggu. Oleh sebab itu, mulailah untuk mengatur jam tidur, pastikan kamu mendapatkan tidur yang berkualitas setiap harinya.

2. Minum air hangat

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuhpexels.com/Bruce Mars

Mengonsumsi air hangat memang sangat baik bagi tubuh. Saat menstruasi kamu juga disarankan minum air hangat sebanyak-banyaknya agar tubuh kembali rileks, jadi pikiran akan lebih tenang.

Tubuh yang fit bisa mencegah terjadinya keterlambatan menstruasi. Mulai sekarang tidak perlu terlalu sering minum air dingin, karena air dingin menghambat peluruhan dinding uterus.

3. Minum jus wortel

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuhpexels.com/pixabay

Selain baik untuk kesehatan mata, rupanya sayur berwarna orange ini juga sangat baik dalam memperlancar menstruasi lho. Kandungan vitamin C pada wortel berperan penting dalam melancarkan menstruasi.

Zat karoten pada wortel menjadi perangsang alami datangnya menstruasi sesuai dengan siklus normal menstruasi kamu. Kamu bisa minum jus wortel tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 7 Alasan Perempuan Mengalami Nyeri Haid Berlebihan

4. Ramuan jamu kunyit

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuhlifealth.com

Sebagai negara penghasil rempah-rempah, kurang lengkap rasanya kalau kamu gak mencoba ramuan jamu kunyit sebagai obat pelancar menstruasi. Sejak dahulu, kunyit dikenal sebagai daya tahan tubuh yang baik. Ketika perut kamu terasa sembelit, kram perut, pusing, sampai badmood, kunyit bisa mengatasi semua permasalahan tersebut.

Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin atau temulawak akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

5. Pengobatan tradisional akupuntur

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuhunsplash.com/Antonika Chanel

Metode pengobatan tradisional asal China ini rupanya juga ampuh mengatasi gangguan siklus menstruasi. Akupuntur memfokuskan pada sejumlah titik yang menjadi inti penyebab perubahan siklus menstruasi.

Kamu akan ditusuk-tusuk pakai jarum akupuntur, tenang bukan jarum jahit kok. Pengobatan ini harus dilakukan oleh ahli akupuntur, karena satu kesalahan saja bisa mendatangkan masalah yakni berhentinya siklus menstruasi.

Itulah cara untuk melancarkan haid yang bisa kamu lakukan. Jangan sekali-kali mencoba memperbaiki siklus menstruasi dengan obat-obatan kimia yang justru mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: 5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukan

Topic:

  • Pinka Wima
  • Syarifah Noer Aulia
  • Wendy Novianto

Just For You