Nadiem Kenang Sosok Malik Fadjar, Mantan Mendikbud yang Berpulang

Abdul Malik Fadjar wafat pada Senin 7 September 2020

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Abdul Malik Fadjar pada Senin (7/9/2020) kemarin. Abdul Malik Fadjar mengembuskan napas terakhir saat berusia 81 tahun.

"Innalillahiwainnaillaihirojiun. Mewakili keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Bapak Prof. Abdul Malik Fajar. Insyaallah, amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT," katanya dalam keterangan tertulis yang IDN Times terima pada, Selasa (8/9/2020) pagi.

1. Nadiem nilai Malik Fadjar sebagai sosok yang menginspirasi dan memberikan banyak pelajaran

Nadiem Kenang Sosok Malik Fadjar, Mantan Mendikbud yang BerpulangMenteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR (Website/dpr.go.id)

Nadiem mengatakan bahwa Abdul Malik Fadjar adalah sosok yang memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran. Termasuk tentang pendekatan humanis, demokratis, dan memberikan kebebasan hak asasi manusia dalam pendidikan.

"Selamat jalan pahlawan dan guru bangsa," ujar Nadiem.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Menteri Agama Abdul Malik Fadjar Tutup Usia

2. Abdul Malik Fadjar pernah menduduki sejumlah jabatan di kementerian

Nadiem Kenang Sosok Malik Fadjar, Mantan Mendikbud yang BerpulangKabinet Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pria yang lahir di Yogyakarta pada 22 Februari 1939 ini, menjabat sebagai anggota Wantimpres sejak 19 Januari 2015 lalu. Selain itu, Abdul Malik juga pernah menduduki sejumlah jabatan di kementerian.

Dia pernah menjabat sebagai Menko Kesra dan Mendikbud pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, serta sebagai Menteri Agama pada masa pemerintahan BJ Habibie.

3. Abdul Malik Fadjar juga dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah

Nadiem Kenang Sosok Malik Fadjar, Mantan Mendikbud yang BerpulangDokumentasi - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Abdul Malik Fadjar saat dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/1/2015). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/ama/aa.

Abdul Malik juga dikenal sebagai tokoh ormas Islam, Muhammadiyah. Dia menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah pada periode 2005-2009.

Salah satu anggota Wantimpres, Sidarto Danusubroto mengabarkan bahwa Abdul Malik Fadjar meninggal pada Senin (7/9/2020) malam pukul 19.00 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: [BREAKING] Tutup Usia, Eks Menag Abdul Malik Sering Jabat Menteri

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya