Jika Dipilih Anies Jadi Cawapres, AHY: Bakal Ada Partai Keluar Koalisi?

Cawapres diserahkan ke Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak mempersoalkan jika ia tidak dipilih menjadi cawapres Anies Baswedan.

Menurut AHY, yang harus dipertanyakan adalah bagaimana sikap partai lain di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) jika dirinya dipilih menjadi cawapres Anies.

AHY mempertanyakan apakah akan ada partai yang akan mengundurkan diri dari koalisi jika ia ditunjuk Anies menjadi cawapres.

"Di balik kalau mas Anies menetapkan mas AHY sebagai cawapres apakah ada yang ingin pergi?" Kata AHY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Jumat (14/7/2023).

1. Sebut KPP sudah teken kerja sama politik

Jika Dipilih Anies Jadi Cawapres, AHY: Bakal Ada Partai Keluar Koalisi?Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Cikeas, Sabtu (29/4/2023) (IDN Times/Aryodamar)

AHY menegaskan Demokrat, NasDem dan PKS sudah meneken kesepakatan terkait kerja sama politik untuk Pilpres 2024.

Bahwa kriteria cawapres juga diserahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan.

"Di situ tegas jelas mengatakan bahwa untuk urusan cawapres diserahkan kepada capres,” kata dia.

“Ada syarat 1,2,3,4,5 inilah kriteria cawapres yang diharapkan bisa dampingi capres pada pemilu nanti," ujarnya.

Baca Juga: AHY: Sembilan Tahun Ekonomi Mandek, Utang Meroket

2. Koalisi Perubahan akan memanfaatkan waktu

Jika Dipilih Anies Jadi Cawapres, AHY: Bakal Ada Partai Keluar Koalisi?Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan 14 agenda perubahan pada pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Dia mengakui, Koalisi Perubahan tidak memiliki sumber daya yang berlebih. Menurutnya, waktu merupakan hal penting bagi KPP.

Dia pun mengibaratkan situasi itu dengan Indonesia saat melawan penjajah. AHY mengatakan saat itu Indonesia tidak punya sumber daya berlebih, tetapi masih bisa menang melawan kolonial karena pintar memanfaatkan waktu.

"Di snilah saya mengatakan waktu itu menjadi sangat penting itulah dari awal kami menyarankan kami memberikan masukan agar hayok apalagi yqng ditunggu? Kami siap mari kita songsong bersama perubahn ini," imbuhnya.

3. Capres-cawapres dari KPP dianggap sebagai pasangan terbaik

Jika Dipilih Anies Jadi Cawapres, AHY: Bakal Ada Partai Keluar Koalisi?Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan 14 agenda perubahan pada pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra Herzaky menyebut capres-cawapres dari KPP sebagai pasangan terbaik pada Pilpres 2024.

Pihaknya berharap pasangan bagi Anies bisa mendongkrak elektabilitas suara di Pilpres 2024.

“Bisa membawa kemenangan di Pilpres 2024. Sesuai dengan harapan rakyat," ucap dia.

Baca Juga: AHY Sentil Cawe-cawe Elite Pemerintah: Demokrasi Kita Dalam Bahaya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya