Survei LSN: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di 5 Provinsi

Bersaing ketat di Jatim sama Ganjar Pranowo

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis survei terbaru tentang perkembangan elektabilitas tiga capres papan atas di sembilan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar.

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul di lima provinsi, yakni Jawa Barat, Banten, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Sementara Ganjar Pranowo dominan di dua provinsi, yakni Lampung dan Jawa Tengah. Sedangkan Anies Baswedan memimpin di satu provinsi yaitu di Provinsi DKI Jakarta.

“Hasil survei nasional LSN di sembilan provinsi terbesar, ternyata Prabowo Subianto leading di lima provinsi, yakni Jawa Barat, Banten, Sumatra Utara, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan,” kata Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry, dalam keterangan tertulis, Minggu (11/6/2023).

1. Prabowo dan Ganjar bersaing ketat di Jawa Timur

Survei LSN: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di 5 ProvinsiKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Gema mengatakan di Provinsi Jawa Timur, Prabowo dan Ganjar bersaing ketat. Secara metodologi sulit untuk disimpulkan siapa yang teratas karena selisih elektabilitas keduanya sangat tipis.

Di Jawa Barat, Prabowo unggul mutlak atas Ganjar dan Anies. Jika Pemilu dilakukan hari ini sebanyak 53,2 persen responden asal Jawa Barat mengaku akan memilih Prabowo.

Kemudian 22,5 persen menyatakan pilih Anies dan 20,4 persen memilih Ganjar, sementara 3,9 persen masih belum dapat menentukan pilihannya (undecided).

Selanjutnya, 57,3 persen responden di Banten juga menyatakan akan memilih Prabowo jika pemilu digelar hari ini.

Kemudian sebanyak 19,8 persen mengaku memilih Anies dan 19,2 persen menjatuhkan pilihan pada Ganjar, sementara 3,7 persen masih belum dapat menentukan pilihannya.

Prabowo juga memimpin dari kedua rivalnya di Sumatra Utara meski tidak semutlak di Jawa Barat dan Banten.

Sebanyak 42,5 pesen responden yang berdomisili di provinsi terbesar di luar Jawa itu menyatakan pilih Prabowo, lantas 40,6 persen memilih Ganjar dan 13,2 persen mengaku pilih Anies. Sedangkan 3,7 persen responden masih belum menentukan pilihan.

Di Sumatra Selatan, Prabowo Subianto unggul atas Ganjar dan Anies lumayan signifikan. Sebanyak 38,5 persen responden spontan menyebut nama Prabowo, kemudian 28,7 persen memilih Ganjar dan 24,3 persen mengaku pilih Anies jika pemilu digelar hari ini.Sisanya, 8,5 persen responden masih undecided.

Sedangkan di Sulawesi Selatan, Prabowo memimpin dengan 35,6 persen disusul oleh Ganjar dengan elektabilitas 30,2 pesen dan Anies 26,5 persen. Hanya 7,7 persen responden belum bisa memutuskan memilih siapa undecided.

“Kalau elektabilitas Prabowo leading di 5 provinsi besar, Ganjar Pranowo dominan di dua provinsi besar lainnya,” kata dia.

Baca Juga: Ganjar Sebut Penentuan Cawapres Tunggu Kesepakatan Parpol Pendukung

2. Ganjar mutlak tak tergoyahkan di Jawa Tengah, leading juga di Lampung

Survei LSN: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di 5 ProvinsiSandiaga Uno dan Ganjar Pranowo (instagram.com/sandiuno)

Di Jawa Tengah, hampir pasti dominasi Ganjar dan tak akan tergoyahkan oleh Prabowo, apalagi Anies.

Di provinsi yang sering dijuluki “kandang banteng” itu elektabilitas Ganjar memimpin hingga 58,6 persen alias unggul jauh dari Prabowo 25,3 persen dan Anies 12,8 persen. Sedangkan sebanyak 3,3 persen masih undecided.

Ganjar Pranowo juga unggul cukup signifikan atas Prabowo dan Anies di Provinsi Lampung.

Jika Pemilu dilaksanakan hari ini, sebanyak 40,2 persen responden memilih Ganjar, lalu 35,4 persen menjatuhkan pilihan pada Prabowo dan 15,5 persen mengaku pilih Anies, sementara 8,9 persen responden masih belum punya pilihan (undecided).

3. Anies leading di Jakarta, lepas dominasi Prabowo dan Ganjar

Survei LSN: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di 5 ProvinsiGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertolak dari Balai Kota DKI Jakarta Pusat ke kediamannya dengan bersepeda pada Rabu (2/6/2021) (Instagram/@Aniesbaswedan)

Satu-satunya provinsi yang lepas dari dominasi Prabowo maupun Ganjar adalah DKI Jakarta.

Kali ini elektabilitas Anies di DKI Jakarta mencapai 40,3 persen, sedangkan Ganjar Pranowo memperoleh dukungan dari 27,5 persen dan Prabowo dipilih oleh 27,1 persen responden. Sebanyak 5,1 persen responden di DKI mengaku belum dapat menentukan pilihan (undecided).

Survei LSN dilaksanakan pada 24 Mei   sampai 3 Juni 2023 di provinsi di seluruh Indonesia. Adapun populasi dari survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah berumur minimal 17 tahun (memiliki e-KTP).

Jumlah sampel sebanyak 1420 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling).

Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan responden dipandu kuesioner dengan ambang kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Validasi data mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan BPS.

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya