Bantu Pemulihan Bencana Palu, RPX, Kitabisa.com, dan ACT Bekerja Sama

Sebanyak 1,5 ton barang donasi telah terkumpul

Jakarta, IDN Times - Bumi Indonesia kembali berduka. Gempa, tsunami, dan likuifaksi yang menimpa beberapa daerah di Sulawesi Tengah mengetuk rasa prihatin berbagai pihak. Bantuan demi bantuan pun tak henti disalurkan demi pemulihan pasca bencana tersebut.

RPX, pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) menggagas kerja sama kemanusiaan dengan menggandeng organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan website galang dana online Kitabisa.com yang juga memperkenalkan fitur barunya, Sumbang.in, yang berkolaborasi dengan ACT dalam pengumpulan barang donasi.

1. Telah berhasil kumpulkan 1,5 ton barang donasi

Bantu Pemulihan Bencana Palu, RPX, Kitabisa.com, dan ACT Bekerja SamaIDN Times/Angelia Nibennia Zega

Masyarakat menyambut peluang saluran bantuan ini dengan antusias sehingga kapasitas barang bantuan telah melebihi dari yang ditargetkan. Dimulai pada awal Oktober lalu, kerja sama ini telah berhasil mengumpulkan barang dobasi sebanyak 1,5 ton.

"Terhitung tanggal 1 November 2018, barang yang terkumpul mencapai 1515,8 kg atau lebih dari 1 ton. Barang yang terkumpul berupa beras, susu, makanan bayi, baju hangat, perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi, dan pakaian baru. Nantinya barang-barang ini akan disalurkan ke sejumlah titik lokasi pengungsian," jelas Azmi Iik Firdhaussi, Product Owner Sumbang.in.

2. Pengiriman melalui jalur udara dan jalur darat

Bantu Pemulihan Bencana Palu, RPX, Kitabisa.com, dan ACT Bekerja SamaIDN Times/Angelia Nibennia Zega

Hallira Husin, Corporate Communkcation RPX, mengatakan bahwa RPX telah mengirimkan seluruh bantuan yang terkumpul tersebut ke Palu melalui jalur udara, dan kemudian dilanjutkan melalui jalur darat ke warehouse ACT.

"Kami turut prihatin dengan musibah yang terjadi di Donggala, Palu. Hal ini juga menjadi duka bagi kami, tetapi salut dengan masyarakat di sana bisa tetap kuat dan berlapang dada. Sebagai perusahaan logistik yang menjangkau seluruh Indonesia, termasuk Palu, RPX tergerak untuk membantu saudara-saudara kita di sana melalui kerja sama dengan Kitabisa.com, dan ACT," jelas Hallira.

3. Membangun Integrated Community Shelter

Bantu Pemulihan Bencana Palu, RPX, Kitabisa.com, dan ACT Bekerja SamaIDN Times/Angelia Nibennia Zega

Pada kesempatan yang sama, 3 November 2018, tim RPX dan Kitabisa.com bertolak ke Palu untuk menyerahkan bantuan yang disalurkan kepada ACT untuk kemudian didistribusikan ke sejumlah titik pengungsian di Palu.

"Sejak Sulawesi Tengah dilanda bencana, ACT terus berupaya hadir di tengah masyarakat, melakukan evakuasi. Memasuki fase pemulihan, ACT telah mendirikan pos pengungsi, dapur umum, serta membangun Integrated Community Shelter (ICS) untuk meringankan duka saudara sebangsa. Dengan adanya kerja sama dengan RPX dan Kitabisa.com, kami berharap bantuan berupa natura memenuhi kebutuhan dasar pengungsi di Palu, Sigi, dan Donggala," jelas Mukhti, Direktur Partnership ACT.

Eka Citra Saputra selaku Executive Partnership ACT juga menambahkan bahwa saat ini sudah ada 150 posko ACT di Palu, dan 96 unit ICS di setiap wilayah yang juga akan didirikan warehouse untuk semakin memudahkan saluran bantuan.

Baca Juga: [UPDATE] Kerugian Ekonomi Akibat Gempa Palu Rp18,48 T

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya