Ini Tiga Cara KKP Sejahterahkan Nelayan

Waow

Surabaya, IDN Times - Kementerian Kelautan dan Perikanan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Ini tak lepas dari pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa laut adalah masa depan bangsa. Berikut langkah-langkah dari KKP.

1. Mendekatkan akses pasar kepada nelayan

Ini Tiga Cara KKP Sejahterahkan NelayanPuspa Perwitasari/ANTARA FOTODirektur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Perikanan dan Kelautan, Brahmantya Setyamurti Poerwadi mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus mendekatkan akses pasar kepada para nelayan. "Nelayan pasarnya masih tergantung tengkulak. Makanya kami lakukan dengan memotong jalur perdagangan bisa memudahkan. Hasilnya indeks nelayan sekarang membaik," ujarnya, Selasa (27/2).

Baca juga: Perjalanan Panjang Perempuan Nelayan Mendapat Pengakuan Negara

2. Beri bantuan kapal dan fasilitas melaut

Ini Tiga Cara KKP Sejahterahkan NelayanKustiah mengemudikan kapalnya saat pulang melaut. Foto oleh Eka Handriana/Rappler

Lebih lanjut, Brahmantya mengatakan bahwa KKP juga melarang penggunaan alat penangkap tidak ramah lingkungan. "Sebagai gantinya, kami mulai fasilitasi mereka dengan penyediaan kapal melaut, alat tangkap dan fasilitas penyimpanan ikan. Ingat penyimpanan ikan kita masih di bawah rata-rata," ucapnya.

3. Beri bantuan usaha kepada nelayan

Ini Tiga Cara KKP Sejahterahkan Nelayanjakrev.com

Selain itu, lanjut Brahmantya, KKP tak tinggal diam melihat akses pendaaan nelayan yang minim. Kementerian pun memberikan fasilitas pembiayaan. "Ada dua pembiayaan yakni melalui perbankan dan non bank. Memberi nilai pembiayaan usaha kelautan dan perikanan ada perbankan Rp 6,49 triliun melalui kredit."

 

Baca juga: Lembaga HAM Dunia Sebut Ada Perdagangan Manusia di Kapal Nelayan Thailand

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya