Hadapi Kaesang, PKS Siapkan Kader untuk Pilkada Depok

PKS akan utamakan kader internal partai

Depok, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok mulai memanas usai putra bungsu Presiden Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep digadang untuk maju pada Pilkada Kota Depok. PKS sedang melakukan penjaringan kader internal maupun eksternal untuk Pilkada Kota Depok.

Bendahara Umum DPP PKS, Mahfudz Abdurrahman, mengatakan PKS akan merekrut kader internal maupun eksternal partai, apabila Kaesang maju pada Pilkada Kota Depok. Mahfudz menanggapi santai pengusungan Kaesang untuk maju pada Pilkada Kota Depok.

"Maju di Depok akan seru, ya bagus, gak ada masalah," ujar Mahfudz kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Kaesang Diusung Jadi Calon Wali Kota Depok, Begini Respons PDIP Depok

1. Akan bersikap fleksibel pada penjaringan

Hadapi Kaesang, PKS Siapkan Kader untuk Pilkada DepokBendahara DPP PKS, Mahfudz Abdurrahman (tengah) mengikuti kegiatan partai beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Mahfudz menuturkan, PKS sedang melakukan persiapan untuk menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024, salah satunya di Kota Depok. Di antara persiapan tersebut adalah menjaring kader internal maupun eksternal partai, untuk diusungkan pada Pilkada Kota Depok.

"Ya yang utamanya memang dari kader," tutur dia.

Namun tidak menutup kemungkinan, apabila terdapat keterbatasan dari internal atau kader partai, akan ada pilihan lainnya dari eksternal partai. 

"Kami fleksibel dan internal juga belum fiks karena masih dijaring," terang Mahfudz. 

2. Nama Wakil Wali Kota Depok masuk bursa namun belum diputuskan

Hadapi Kaesang, PKS Siapkan Kader untuk Pilkada DepokWali Kota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengenakan pakaian simbol adat Depok. (Istimewa)

Sementara, Juru Bicara PKS, Muhammad Iqbal, mengatakan PKS telah menyiapkan kader internal untuk diusung pada Pilkada Depok 2024. Di antaranya Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH).

"IBH salah satunya, tapi belum diputuskan," kata dia.

Iqbal mengatakan maju mencalonkan diri menjadi calon Wali Kota Depok merupakan hak setiap orang, dan hak setiap warga negara. Namun, nama yang dicalonkan untuk diusung harus memiliki syarat dan kemampuan yang mumpuni.

"Asal menenuhi syarat dan terdapat partai pengusungnya untuk maju," ucap dia.

Baca Juga: GP Center Dukung Kaesang Jadi Wali Kota Depok, Runtuhkan Dominasi PKS

3. Sosialisasikan Kesang dengan gerakan Jempol Ceria

Hadapi Kaesang, PKS Siapkan Kader untuk Pilkada DepokGP Center meresmikan deklarasi mendukung Kaesang menjadi Wali Kota Depok pada Pilkada 2024 di Warkop Jalan Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Ketua Harian DPP GP Center, Thomas Djunianto, mengatakan dukungan untuk Kaesang Pangarep maju menjadi calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024, berawal dari gerakan GP Center di media sosial.

Respons baik secara lokal maupun nasional, membuat GP Center membulatkan tekat melakukan deklarasi dukungan pada Kaesang.

“Saya yakin itu adalah representasi sebagian besar masyarakat di Kota Depok yang menginginkan perubahan,” ujar Thomas kepada IDN Times, Sabtu (1/4/2023).

Thomas menuturkan, usai deklarasi GP Center akan menyebarluaskan informasi deklrarasi melalui seluruh akun media sosial. GP Center menamakan gerakan mendukung Kaesang yakni gerakan 'Jempol Ceria'.

"Dengan gerakan jempol, kami yakin akan bisa meruntuhkan dominasi PKS di Kota Depok selama 20 tahun terakhir," tutur dia.

GP Center akan menggandeng sejumlah elemen masyarakat mendukung dan sepakat dengan perjuangan GP Center. Gerakan tersebut diyakini dapat lebih meluas, dan akhirnya mencapai kemenangan pada Pilkada 2024.

"Kami memiliki barisan yang berisi anak muda milenial, hanya dengan jempolnya bisa menyebarkan virus perubahan di Kota Depok," terang Thomas.

 

Penasaran dengan isu-isu pemilu dan gonjang ganjing capres cawapres Pilpres 2024? Baca selengkapnya di sini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya