PPDB SMA, SMK, dan SLB Kota Depok Dibuka Juni, Ini Tahapannya

Dibagi dalam dua tahap

Depok, IDN Times - Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah 2 Jawa Barat (Jabar) telah menyosialisasikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK/SLB di Kota Depok. PPDB akan dibuka pada Juni dan dibagi dalam dua tahapan pendaftaran.

Kepala KCD wilayah 2 Jawa Barat, Asep Sudarsono mengatakan,  PPDB SMA/SMK Tahun 2023 akan dibuka pada Juni. Untuk itu, pihaknya melakukan sosialisasi ke sejumlah daerah, salah satunya Kota Depok.

"Pada 6 Juni sudah mulai dibuka pendaftaran PPDB untuk SMA, SMK, dan SLB," ujar Asep, Senin (29/5/2023).

Baca Juga: Alur Lengkap PPDB Jakarta 2023 untuk Jenjang SD, SMP, dan SMA

1. PPDB tahap pertama dibuka 6 Juni 2023

PPDB SMA, SMK, dan SLB Kota Depok Dibuka Juni, Ini TahapannyaIlustrasi siswa SMA. (IDN Times/Sukma Sakti)

Asep menuturkan, pendaftaran PPDB dibuka dalam dua tahap yakni tahap pertama dan tahap kedua. Pada tahap pertama pendaftaran di mulai sejak 6 hingga 10 Juni.

Peserta bisa mendaftar melalui jalur afirmasi, perpindahan tugas, prestasi, untuk jalur SMA. Selain itu, peserta juga bisa mendaftar melalui jalur afirmasi, prioritas terdekat, perpindahan tugas, prestasi kejuaraan, dan persiapan kelas industri, untuk SMK.

"Pada 7 hingga 12 Juni merupakan masa sanggah verifikasi, dan 13 hingga 15 Juni pemetaan afirmasi keluarga ekonomi tidak mampu dan uji kompetensi jalur prestasi kejuaraan," tutur Asep.

Setelah itu, pengumuman PPDB pertama dilakukan. Tahapan selanjutnya adalah pendaftaran ulang yang akan diumumkan melalui website ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

"Pengumuman PPDB tahap pertama pada 20 Juni dan daftar ulang PPDB tahap pertama pada 21 hingga 23 Juni 2023," ucap Asep.

Baca Juga: Informasi PPDB 2023 Jabar Dapat Diakses di Aplikasi Sapawarga

2. Peserta yang tak lolos tahap pertama bisa mendaftar tahap dua, tetapi

PPDB SMA, SMK, dan SLB Kota Depok Dibuka Juni, Ini TahapannyaIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Asep mengungkapkan, pendaftaran PPDB tahap dua akan dimulai pada 26 sampai 30 Juni 2023. Pendaftaran dibuka untuk calon siswa SMA melalui jalur zonasi dan calon siswa SMK melalui jalur prestasi rapor umum.

"Untuk masa sanggah di mulai 28 Juni sampai 3 Juli 2023," ungkap Asep.

Asep menjelaskan, pada 3 dan 4 Juli 2023, calon siswa SMK mengikuti tes minat bakat program atau bidang keahlian. Calon peserta didik baru (CPDB) yang tidak lolos pada tahap pertama dapat mengikuti tahap kedua, dengan syarat mengundurkan diri di tahap pertama.

"Jika tidak mengundurkan diri, sistem akan mengunci dan tidak bisa mendaftar di tahap kedua," jelas Asep.

Baca Juga: Jabar Siap Gelar PPDB 2023/2024

3. Tahun ajaran baru 2023 dimulai 17 Juli

PPDB SMA, SMK, dan SLB Kota Depok Dibuka Juni, Ini Tahapannya(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Setelah mekanisme pendaftaran tahap kedua untuk SMA dan SMK, pengumuman PPDB tahap kedua akan dilakukan pada 6 Juli 2023.

"Daftar ulang akan dimulai pada 10 dan 11 Juli 2023," kata Asep.

Selanjutnya, siswa SMA dan SMK akan memasuki Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai 12 sampai 14 Juli 2023. Nantinya tahun ajaran baru 2023 dimulai pada 17 Juli.

"Kami meminta kepada orang tua CPDB dapat mempersiapkan dokumen yang harus diunduh sehingga tidak ada kesalahan saat proses pendaftaran," tutup Asep.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya