Spanduk Dukungan Kaesang Maju Pilkada Mulai Warnai Jalanan Kota Depok

Ada elemen masyarakat berikan dukungan pada Kaesang

Depok, IDN Times - Dukungan pergerakan untuk putra bungsu Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep, untuk maju pada Pilkada Kota Depok 2024 mulai terlihat di Kota Depok.

Sejumlah spanduk mulai terlihat dan terpasang di sudut jalan, salah satunya pertemuan Jalan Jembatan Panus dengan Jalan Raya Siliwangi, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Spanduk berkelir merah dan putih itu, memperlihatkan foto Kaesang sedang tersenyum. Keinginan untuk perubahan dengan mendorong anak muda menjadi pemimpin tersirat dalam tulisan di spanduk tersebut. Disisi kiri bawah menunjukan spanduk tersebut berasal dari komunitas Warga Rindu Perubahan.

Adapun isi spanduk dukungan terhadap Kaesang berbunyi "Saatnya Kota Depok dipimpin anak muda. Kami mendukung Kaesang menjadi Wali Kota Depok 2024".

Baca Juga: Imam Siap Maju Pilkada Depok Lawan Kaesang jika PKS Restui

1. Merupakan dukungan nyata masyarakat terhadap Kaesang

Spanduk Dukungan Kaesang Maju Pilkada Mulai Warnai Jalanan Kota DepokSpanduk dukungan terhadap Kaesang untuk maju pada Pilkada Kota Depok terpasang di Jalan Raya Siliwangi, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Menanggapi keberadan spanduk dukungan terhadap Kaesang bermunculan di Kota Depok, Ketua Harian DPP Ganjar Pranowo Center, Thomas Djunianto, mengatakan, spanduk dukungan terhadap Kaesang sebagai Wali Kota Depok 2024, merupakan sebuah bukti kepercayaan masyarakat. Menurut dia, masyarakat mempercayai sosok Kaesang untuk maju pada Pilkada Kota Depok. 

"Ini bukti nyata masyarakat percaya pada sosok putra bungsu Presiden Joko Widodo akan bisa membawa pembenahan bagi Kota Depok," ujar dia.

Thomas menuturkan, keberadaan spanduk itu merupakan bentuk dukungan nyata diberikan kelompok maupun elemen masyarakat. Dia menyakini, dukungan kepada Kaesang untuk maju Pilkada Kota Depok 2024 akan semakin meluas di wilayah Depok.

"Saya yakin dukungan masyarakat akan semakin nyata dan meluas menjelang Pemilu 2024 nanti," tutur dia.

2. Video Kaesang Untuk Margonda Lebih Baik ditonton 1,6 juta warganet

Spanduk Dukungan Kaesang Maju Pilkada Mulai Warnai Jalanan Kota DepokSpanduk dukungan terhadap Kaesang untuk maju pada Pilkada Kota Depok terpasang di Jalan Raya Siliwangi, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Thomas mengungkapkan, spanduk yang terpasang di Jalan Raya Siliwangi bukan milik GP Center Kota Depok. Menurutnya, spanduk milik GP Center memiliki ciri khusus seperti pemasangan logo GP Center pada spanduk maupun mengatasnamakan GP Center, seperti pamflet yang disebarkan melalui media sosial.

"Berarti itu menunjukan dukungan terhadap Kaesang bukan dari GP Center semata, tetapi ada dukungan dari gerakan elemen masyarakat lainnya di Kota Depok," ungkap dia.

Thomas menjelaskan, pemasangan spanduk dari gerakan GP Center telah disebarluaskan di 11 kecamatan. Selain itu, gerakan GP Center melalui program Jempol Ceria sedang berjalan di sejumlah platform media sosial milik GP Center, salah satunya akun TikTok berisi video Kaesang.

"Sudah terbukti ampuh, ada satu konten TikTok GP Center tentang Kaesang yang berkomentar untuk Margonda Lebih Baik, ditonton sebanyak 1,6 juta viewers, dan banyak netizen yang siap mendukung beliau untuk memimpin Kota Depok di 2024 nanti," jelas dia.

Baca Juga: Kaesang Diusung Jadi Calon Wali Kota Depok, Begini Respons PDIP Depok

3. Wakil Wali Kota mengaku siap jika diusung PKS maju Pilkada Kota Depok

Spanduk Dukungan Kaesang Maju Pilkada Mulai Warnai Jalanan Kota DepokWakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono, mengatakan PKS Kota Depok sedang fokus menghadapi Pemilu 2024. DPD PKS sedang bersiap memenangkan pemilu, sehingga dibutuhkan persiapan matang dan belum fokus pada persiapan Pilkada Kota Depok.

"Kita di DPD Kota Depok sedang fokus untuk pemilu, bukan buat Pilkada," ujar Imam yang juga menjabat Wakil Wali Kota Depok kepada IDN Times, Selasa (11/4/2023). 

Disinggung namanya masuk bursa pencalonan dari kader internal PKS untuk maju Pilkada Kota Depok, Imam mengaku siap mengikuti arahan partai. Namun apapun keputusan DPP PKS terkait Pilkada Kota Depok, DPD PKS Kota Depok akan mengikuti arahan pusat.

"Tapi kalau partai memberikan sebuah amanah untuk bisa dicalonkan, ya sebagai kader kita harus siap," terang dia.

Kendati, apabila dicalonkan maju Pilkada Kota Depok dan harus berhadapan dengan Kaesang Pangarep, Imam enggan memberikan tanggapan karena sedang fokus pada DPD PKS menghadapi pemilu. Dia menyebut, siapapun dapat mencalonkan diri maju sebagai calon Wali Kota Depok pada pilkada mendatang.

"Kita fokus di kita, gak fokus ke pada orang lain, siapapun boleh mencalonkan tapi PKS sedang fokus untuk memenangkan pemilu, kita fokus internal kita, kalau orang lain terserah," tutup Imam.   

 

Penasaran dengan isu-isu pemilu dan gonjang ganjing capres cawapres Pilpres 2024? Baca selengkapnya di sini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya