Kini Obat untuk Pasien Isoman Bisa Diambil di Apotek, Gratis!

Layana Telemedicine masih tersedia untuk pasien isoman

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan menegaskan sampai saat ini pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) mendapatkan layanan telemedicine gratis.

Untuk itu, Kemenkes mengimbau agar pasien memanfaatkan layanan gratis ini. Kini obat yang disediakan bisa diambil langsung oleh anggota keluarga ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan tanpa menunggu pengiriman.

"Layanan telemedicine bagi pasien positif COVID-19 yang Isoman masih tetap tersedia sampai saat ini," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam siaran tertulis, Minggu (6/11/2022).

 

1. Obat isoman gratis bisa diambil ke Apotek Kimia Farma

Kini Obat untuk Pasien Isoman Bisa Diambil di Apotek, Gratis!Warga memotret pengumuman penundaan pelaksanaan vaksinasi individu di Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, Senin (12/7/2021). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Nadia menambahkan layanan ini juga terdapat pembaruan yakni obat bisa diambil langsung oleh saudara pasien ke apotek Kimia Farma terdekat.

"Layanan Isoman  masih ada. Bahkan semua obat sudah bisa diambil langsung ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan," ujar Nadia.

Baca Juga: Kemenkes Bantah Jualan Obat Fomepizole untuk Pasien Gagal Ginjal Akut

2. Hubungi layanan isoman di Nomor 081110500567 untuk layanan telemedicine

Kini Obat untuk Pasien Isoman Bisa Diambil di Apotek, Gratis!Kurir sedang mengantarkan paket isoman gratis dari Keluarga Eks Kolese Loyola (KEKL) untuk pasien COVID-19 di Semarang. (dok. KEKL Peduli)

Nadia menerangkan pasien yang sedang Isoman dapat menghubungi WA Kemenkes RI di Nomor 081110500567 untuk mendapatkan layanan telemedicine.

Layanan telemedicine gratis ini dapat diakses bagi masyarakat yang melakukan tes PCR/Antigen di Lab yang terafiliasi Kementerian Kesehatan.

"Jika hasil tes positif dan Lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis atau mendapatkan status 'Pasien memenuhi syarat untuk menebus resep' di web ISOMAN," papar Nadia.

3. Pasien bisa langsung komunikasi dengan dokter via daring

Kini Obat untuk Pasien Isoman Bisa Diambil di Apotek, Gratis!SehatQ, Telemedicine yang Sediakan Obat Gratis Pasien COVID-19 (Source: Rehia Sebayang/IDN Times)

Kemudian, pasien dengan NIK terdaftar bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara GRATIS, di menu Konsultasi, dan memasukan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang dipilih.

Setelah melakukan konsultasi secara Daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman atau layak Isoman, maka pasien dengan NIK terdaftar akan mendapatkan paket obat dengan jenis obat sesuai ketentuan.

 

Baca Juga: Komunikasi Buruk BPOM dan Kemenkes soal Gagal Ginjal Jadi Sorotan

4. Pasien bisa memilih jasa pengiriman obat sendiri

Kini Obat untuk Pasien Isoman Bisa Diambil di Apotek, Gratis!paket obat untuk warga yang menjalani Isoman di Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien dengan NIK terdaftar mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, melengkapi alamat pengiriman, dan memberikan persetujuan syarat dan ketentuan paket obat.

Pasien bisa memilih jasa pengiriman Pick Up atau Ambil Sendiri langsung ke apotek Kimia Farma yang ditentukan sistem. Setiap pengambilan akan diberikan Kode Paket yang dikirimkan langsung melalui WA konfirmasi tebus resep ke nomor pasien.

"Silakan menggunakan layanan ojek online dan atau wali pasien dengan keadaan sehat untuk mengambil paket dengan biaya yang ditanggung sendiri oleh pasien," imbuh Nadia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya