Kali Item yang Bau akan Disemprot Pewangi

Seperti apa ya metode penyemprotan pewangi itu?

Jakarta, IDN Times - Bau Kali Item di sebelah Wisma Atlet Kemayoran yang menjadi permasalahan jelang Asian Games 2018, segera ditanggulangi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, Kali Item akan disemprotkan pewangi.

"Rencananya hari ini dari tim gubernur ada metode, secara teknis tadi sudah disampaikan kepada kami, besok akan ke lapangan kita akan coba metode ini, salah satunya melakukan penyemprotan atau dengan bahan cairan untuk mengurangi bau," kata Teguh di Balai Kota, Jumat (27/7). 

Seperti apa metode yang akan diterapkan Pemprov DKI dalam menanggulangi masalah Kali Item ini?

1. Cairan pewangi

Kali Item yang Bau akan Disemprot PewangiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Teguh membenarkan bahwa Kali Item akan disemprot dengan cairan pewangi. Menurut dia, usulan menyemprotkan pewangi itu ditawarkan tim pakar ke Pemprov DKI Jakarta. 

Penyemprotan pewangi ini, kata dia, akan difokuskan di segmen sekitar Wisma Atlet. 

"Saya tidak tahu teknisnya. Mungkin banyak (cairannya) kali, tetapi kita fokus yang di Jembatan Marto yang panjang, kita pasang jaring tuh, kita fokus di situ dulu, kan 700 meter," ujar Teguh. 

Baca juga: Sebabkan Korban, Polisi Larang Aksi Keke Challenge!

2. Banyak pihak tawarkan jasa pewangi Kali Item

Kali Item yang Bau akan Disemprot PewangiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Teguh mengatakan, sejak Pemprov DKI fokus menangani bau dan pemandangan di Kali Item, banyak pihak yang menawarkan barang dan jasa. 

"Terus terang saja yang datang ke Dinas SDA banyak yang menawarkan produk-produk bisa menjernihkan, mengurangi bau, menghilangkan bau," kata Teguh. 

Ia pun optimis, bau di Kali Item ini bisa hilang jelang Asian Games 2018. "

Yang jelas kita kejar selama event Asian Games. Selama 1,5 bulan kita kerjakan terus," katanya.

Pemprov DKI Jakarta kini dibantu Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk menangani bau Kali Item. Adapun upaya yang dilakukan Pemprov DKI selama beberapa bulan terakhir antara lain pemasangan pagar tanaman, penerapan teknologi nano bubble dan aerator, hingga pemasangan waring untuk mengurangi baunya.

Baca juga: Ini Loh Masalah di Kali Item yang Bikin Bau Busuk

3. Disorot media asing

Kali Item yang Bau akan Disemprot PewangiIDN Times/Helmi Shemi

Berita berjudul Jakarta covers up 'stinky, toxic' river near Asian Games village, yang diturunkan situs berita online Channel News Asia tentang Kali Item langsung menjadi viral. 

Berita itu mengkritik penanganan Pemerintah Provinsi Jakarta yang menutup Kali Item dengan jaring hitam. Kali yang bernama asli Sentiong itu memang berada di dekat kampung atlet, Wisma Atlet, Sunter, Kemayoran, Jakarta Pusat, tempat para atlet menginap selama Asian Games 2018.

Menanggapi berita itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan justru mengkritik balik pemberitaan media lokal sehingga kemudian juga menjadi perhatian media internasional. "Tentu, karena diberitakan oleh media nasional. Jadi, media internasional itu hanya mengambil dari media lokal," kata Anies di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya