Comscore Tracker

Anies Hanya Bisa Pasrah Bila Bekasi Pindah ke Jakarta

Itu adalah wewenang Pemerintah Pusat

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut buka suara terkait wacana yang diutarakan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang lebih memilih bergabung ke Provinsi DKI Jakarta ketimbang Bogor. Menurut Anies, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerima Bekasi bila itu diperintahkan oleh pemerintah pusat.

"Kalau itu keputusan pemerintah pusat ya kita jalankan. Kan keputusan lewat undang-undang, PP, kita berkewajiban melaksanakan. Jadi prosesnya bukan dengan DKI tapi dengan pemerintah pusat," ujar Anies usai rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (18/8).

Baca Juga: Ironi Kabupaten Bekasi, Daerah Industri Dihuni Banyak Pengangguran

1. Jakarta dan Bekasi sudah berintegrasi

Anies Hanya Bisa Pasrah Bila Bekasi Pindah ke JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Secara ekonomi, Jakarta, Bekasi, dan sejumlah kota penyangga Ibu Kota lainnya, menurut Anies, sudah terintegrasi secara ekonomi. Hanya secara administrasi, daerah-daerah ini berbeda. 

"Jadi secara prinsip Pemprov DKI harus menaati keputusan pemerintah pusat. Aspirasi itu kita menghargai kita menghormati dan biar berproses di pemerintah pusat karena prosesnya bukan antar wilayah," katanya.

2. Ridwan Kamil gak setuju

Anies Hanya Bisa Pasrah Bila Bekasi Pindah ke JakartaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak setuju wacana tersebut. Menurutnya, tidak relevan bila Kota Bekasi masuk ke Jakarta, atau justru membentuk provinsi sendiri dengan sejumlah daerah di Bogor raya. Menurutnya, untuk mengatasi permasalahan administrasi yang kerap terjadi, maka pemekaran daerah lebih tepat untuk pemerintahan daerah tingkat II.

"Tidak relevan kalau untuk konteks provinsi," ujar Ridwan Kamil saat menghadiri Sidang Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Jawa Barat yang ke-74, Senin (19/8).

3. Wali Kota Bekasi lebih pilih gabung Jakarta

Anies Hanya Bisa Pasrah Bila Bekasi Pindah ke JakartaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tak setuju bila Kabupaten dan Kota Bogor membentuk Provinsi sendiri. Menurutnya Kota Bekasi lebih cocok bergabung ke Jakarta karena kemiripan kultur dan budaya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tidak Setuju Bekasi Jadi Provinsi Jakarta Tenggara 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya