JPO Bundaran HI akan Dirobohkan Anies, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Baca nih biar gak kejebak macet

Jakarta, IDN Times - Setelah pelican cross rampung dibuat, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dirobohkan malam ini, (30/7). Nantinya, orang-orang yang mau menyebrang harus melintasi jalan darat yang telah dibangun pelican cross.

Saat memantau kawasan ini beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merobohkan JPO itu agar pejalan kaki bisa melihat patung selamat datang di Bundaran HI.

Sebagian ruas jalan MH Thamrin rencananya akan ditutup selama proses merobohkan JPO yang akan berlangsung 30-31 Juli ini. Berikut selengkapnya:

1. JPO dirobohkan malam hari

JPO Bundaran HI akan Dirobohkan Anies, Begini Rekayasa Lalu LintasnyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mulai Senin, (30/7) JPO di kawasan Bundaran HI sudah tidak boleh dilintasi oleh masyarakat umum sehingga orang-orang yang akan menyeberang di kawasan itu harus melintasi pelican cross di bawahnya. Bagi kamu yang tidak tahu, pelican cross sebetulnya tidak berbeda jauh dengan zebra cross. Hanya saja, pelican cross biasanya dilengkapi berbagai fitur tambahan, seperti lampu dan suara saat orang menyeberang.

Baca juga: Warga: Kali Item Mulai Gak Bau Sejak Era Jokowi

Perobohan sendiri akan dimulai pukul 21.00 WIB hingga 01.00 WIB sehingga pada di waktu tersebut akan ada penutupan jalan sementara di sisi barat Jalan MH Thamrin guna pengangkatan struktur JPO di sisi barat.

Setelah struktur JPO sisi barat terangkat, struktur JPO di sisi timur juga akan dirobohkan. Proses tersebut dilakukan Selasa, (31/07) pukul 01.00-06.00 sehingga pada saat proses tersebut giliran jalanan di sisi barat yang ditutup.

2. Sejumlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan

JPO Bundaran HI akan Dirobohkan Anies, Begini Rekayasa Lalu LintasnyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ada sejumlah jalan yang ditutup saat proses perobohan struktur JPO. Saat pukul 21.00 hingga 01.00 WIB, dari arah selatan jalan Sudirman yang akan melintas di kawasan bundaran HI dapat beralih ke jalam Imam Bonjol. Sedangkan dari arah utara pengguna jalan masih dapat melintas hingga pukul 01.00 namun hanya di sisi paling kiri jalan.

Pada Selasa (31/07) mulai pukul 01.00-06.00 pengguna jalan yang melintas dari arah utara menuju Jalan Sudirman dapat beralih melalui Jalan KH Wahid Hasyim atau Jalan Sunda (sebelum Gedung Kedutaan Besar Perancis).

Bagi masyarakat yang akan beraktivitas di Gedung Kedutaan Besar Perancis, Gedung Sinarmas, Gedung Bank Permata, Gedung Oil Center dapat melalui Jalan MH Thamrin dengan dipandu oleh Petugas dari Kontraktor MRT Jakarta. Nantinya Jalan MH Thamrin akan kembali dibuka untuk umum pada pukul 06:00 WIB.

3. Pelican Cross hanya sementara

JPO Bundaran HI akan Dirobohkan Anies, Begini Rekayasa Lalu LintasnyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saat melakukan pengecekan di kawasan Bundaran HI beberapa waktu lalu, Anies menjelaskan, pelican cross itu merupakan pengganti JPO yang dirobohkan. Sehingga saat MRT jadi akan ada dua opsi penyeberangan bagi pejalan kaki.

Baca juga: Bongkar JPO di Bundaran HI, Anies: Biar Patung Selamat Datang Terlihat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya