Comscore Tracker

Perhatikan Hal Ini Saat ke Pulau Rinca dan Bertemu Komodo

Demi keselamatan bersama

Labuan Bajo, IDN Times - Pemandangan alam yang indah menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan berdatangan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Salah satu objek wisata favorit adalah Pulau Rinca karena ada Komodo hidup di dalamnya.

Seorang Ranger di Pulau Rinca bernama Abdurrahman mengatakan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan wisatawan saat berkunjung ke Pulau Rinca. Apa saja?

1. Jangan sembarang merokok dan membuang puntungnya

Perhatikan Hal Ini Saat ke Pulau Rinca dan Bertemu KomodoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ranger yang saban hari dipanggil Rahman tersebut mengatakan hal pertama yang harus diperhatikan oleh wisatawan adalah rokok. Tak ada larangan merokok ketika berada di Pulau rinca, namun pengunjung diimbau tak sembarangan membuang puntungnya karena berbahaya.

"Takutnya kalau sembarangan jadi kebakaran, apalagi kalau kemarau kan kering," jelasnya kepada IDN Times ketika mengantar rombongan jurnalis dan influencer yang diundang Air Asia dan Kementerian Pariwisata pada Rabu (9/10).

Baca Juga: Perempuan yang Haid Wajib Beritahu Ranger Sebelum Lihat Komodo

2. Perempuan sedang haid disarankan lapor pada ranger

Perhatikan Hal Ini Saat ke Pulau Rinca dan Bertemu KomodoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Di Pulau Rinca hidup sejumlah Komodo, bila beruntung wisatawan akan melihat hewan tersebut dari dekat. Namun, wisatawan yang sedang haid diimbau untuk melaporkan kondisinya pada ranger yang bertugas

"Kalau lagi berhalangan terus terang pada ranger biar bisa diutamakan pengamanannya saat ketemu komodo," jelasnya.

3. Kementerian Pariwisata dan Air Asia ajak jurnalis bermalam di Kapal Pinisi dan keliling Labuan Bajo

Perhatikan Hal Ini Saat ke Pulau Rinca dan Bertemu KomodoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pertemuan IDN Times dengan Rahman terjadi dalam salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan Air Asia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata yang mengajak jurnalis dari Indonesia, Malaysia, dan Australia serta sejumlah influencer Tanah Air ke Labuan Bajo.

Kami diajak tinggal di Kapal Pinisi selama tiga hari dua malam serta berkeliling sejumlah destinasi seperti Pulau Padar dan Rinca.

Adapun influencer yang diundang adalah Reza Chandika, Iyas Adam Lawrence, Harris Syn, Andre Wiredja, Dimas Danang Soeryonegoro, Ucita Pohan, Nicoline Patricia Malina, Paquita Genuschka, dan Galabby Thahira.

Baca Juga: Perempuan yang Haid Wajib Beritahu Ranger Sebelum Lihat Komodo

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya