Kementerian PUPR Turun Tangan Bersihkan Kali Item

Sampai mengerahkan 6 mobil pompa

Jakarta, IDN Times – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) turun tangan membersihkan Kali Sentiong atau Kali Item yang menjadi perhatian karena bau busuk dan dinilai menganggu Wisma Atlet yang terletak di sebelahnya.

Pembersihan Kali Item ini melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Dinas PU Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kualitas air pada Kali Item turut memengaruhi kenyamanan atlet dan ofisial dari berbagai negara yang menghuni Wisma Atlet Kemayoran selama Asian Games berlangsung,” kata Menteri PUPR Basuki melalui keterangan persnya, Kamis (24/7).

1. Buka pintu air Gang Kelor

Kementerian PUPR Turun Tangan Bersihkan Kali ItemANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penggelontoran Kali Item dengan cara membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong). Air berasal dari Bendung Katulampa di Bogor yang dialirkan hingga ke Kali Sentiong melalui Kali Baru Timur. 

Baca Juga: Datangi Komnas HAM, Sekjen PDIP Sebut Nama SBY

2. Mengalihkan aliran air

Kementerian PUPR Turun Tangan Bersihkan Kali ItemANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Cara lain yang digunakan KemenPUPR adalah dengan mengalihkan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dengan cara dipompa, sehingga mengurangi debit air kotor yang masuk ke kali Sentiong. Cara ini pertama kali diujicoba pada 5 hingga 11 April 2018. Hasil ujicoba itu berdampak positif dalam mengurangi bau kali.

3. KemenPUPR kerahkan 6 mobil pompa

Kementerian PUPR Turun Tangan Bersihkan Kali ItemIDN Times/Helmi Shemi

Skema pembersihan dengan pompa Kali Item kembali dilakukan pada Rabu dan Kamis, 25-26 Juli 2018 dengan menggunakan 5 mobil pompa berkapasitas masing-masing 160 liter/detik dari BBWS Ciliwung-Cisadane dan 6 mobil pompa berkapasitas 250 liter/detik dari Dinas PU DKI.

Total debit penggelontoran yang dialirkan menggunakan keseluruhan pompa saat ini adalah 1.540 liter/detik. Diharapkan upaya ini pun memberikan dampak yang berarti dalam pengurangan bau di Kali Sentiong dan Kali Item.

“BBWS Ciliwung Cisadane terus memberikan dukungan bagi Dinas PU Pemprov DKI dalam upaya mengurangi bau di Kali Sentiong dan Kali Item, termasuk dengan upaya lain yang dinilai potensial dalam mengurangi bau tidak sedap akibat pencemaran domestik yang berat dan kondisi anaerob pada badan Kali,” jelas Menteri Basuki.

Baca Juga: Sandiaga Tak Mau Kali Sentiong Disebut Kali Item

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya