Pecah Telor, PDIP Pertama Ajukan Pendaftaran Bacaleg di Mimika

Jumlah bacaleg sebanyak 35 orang

Timika, IDN Times – Setelah 11 hari dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), DPC PDIP Kabupaten Mimika akhirnya pecah telor menjadi partai pertama yang mengajukan daftar bacaleg-nya ke KPU. PDIP mendaftar pada Kamis (11/2/2023) sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Kedatangan rombongan DPC PDIP Mimika di Kantor KPU Mimika, Jalan Hasanuddin, Timika, Papua Tengah, menggunakan iring-iringan sejumlah kendaraan roda empat dengan atribut bendera partai yang dibentangkan di atas kap mesin mobil.

Baca Juga: Cara Unik PDIP Lampung Daftar Caleg 2024, Pawai Budaya hingga Silat 

1. Berkas cukup lengkap, tinggal perbaikan

Pecah Telor, PDIP Pertama Ajukan Pendaftaran Bacaleg di MimikaKetua DPC PDIP Kabupaten Mimika, Yohanes Felix Helyanan, saat diwawancarai awak media. (IDN Times/Endy Langobelen)

Usai disambut hangat oleh KPU Mimika untuk dilakukan registrasi, Ketua DPC PDIP Kabupaten Mimika, Yohanes Felix Helyanan didampingi sekretaris, LO, dan operator langsung menuju ke lantai II. Dia menyerahkan berkas dan persyaratan dari setiap bacaleg yang didaftarkan.

"Kami telah menyediakan berkas. KPU dan Bawaslu pun sudah memeriksa semua bahwa kami punya berkas cukup lengkap, tinggal ada perbaikan-perbaikan yang nanti kita perbaiki," ujar Felix saat jumpa pers bersama awak media.

Baca Juga: PDIP Daftarkan 40 Bakal Calon DPRD ke KPU Tabanan

2. Jumlah bacaleg DPC PDIP sebanyak 35 orang

Pecah Telor, PDIP Pertama Ajukan Pendaftaran Bacaleg di MimikaFoto Ketua DPC PDIP Kabupaten Mimika, Yohanes Felix Helyanan, bersama para Bacaleg. (IDN Times/Endy Langobelen)

Felix mengungkapkan, jumlah bacaleg dari DPC PDIP Mimika sesuai dengan kuota setiap dapil yakni 35 orang, 30 persennya adalah perempuan. Adapun bacaleg yang didaftarkan terdiri dari kader lama dan juga kader yang baru.

Menurutnya, mengikutsertakan para kader-kader lama adalah sebuah penghargaan.

"Kita tetap memberikan kesempatan kepada mereka juga, kesempatan untuk berjuang. Ya walaupun banyak juga orang-orang baru yang punya pengaruh, punya potensi, dan betul-betul mau berjuang untuk bersama-sama dengan PDIP," tuturnya.

Baca Juga: Sepekan Dibuka, Parpol di Mimika Belum Daftarkan Caleg

3. DPC PDIP Mimika target menang di setiap dapil

Pecah Telor, PDIP Pertama Ajukan Pendaftaran Bacaleg di MimikaFoto bersama usai jumpa pers bersama awak media. (IDN Times/Endy Langobelen)

Sebagai partai yang pertama mendatangi KPU, Felix optimis DPC PDIP Mimika dapat meraih kemenangan di setiap dapil. 

"Target kita ya kita menang. Entah menang berapa kursi, yang penting menang dan berharap semua dapil itu ada. Minimal satu. Kalau semakin semangat, pasti bisa bertambah," kata Felix. 

Pengajuan ini juga, jelas Felix, memang dilakukan serentak dari pusat, provinsi, hingga turun ke Kabupaten. 

"Jadi memang PDI Perjuangan itu lain daripada yang lain. Kalau sudah bilang semua, itu berarti DPP sudah siap dan tahu bahwa sampai ke kabupaten semua itu sudah siap, sehingga DPP perintahkan kami cabang-cabang supaya harus serentak. Kalau kita tidak serentak, berarti kan tidak kompak," ujarnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya