Comscore Tracker

Quick Count Charta Politika: Jokowi Kalah Telak di Kampung JK 

Pada Pemilu 2014, Jokowi unggul telak atas Prabowo

Jakarta, IDN Times - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 telah digelar hari ini, Rabu (17/4). Selain menggelar pemilu untuk calon anggota legislatif (caleg), pemilu hari ini juga untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden.

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei Charta Politika, dengan data masuk sekitar 95 persen pada pukul 20.00 WIB, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin, kalah telak di kampung Jusuf Kalla, yakni Sulawesi Selatan.

Mereka baru mengumpulkan 38 persen suara saja, terpaut margin cukup jauh karena paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandi, sudah mendulang 62 persen suara.

Hasil itu tentu bertolak belakang dengan apa yang didapatkan oleh Jokowi dalam Pilpres 2014, saat berpasangan dengan Jusuf Kalla. Berdasarkan hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Selatan, pada Pemilu 2014 Jokowi kumpulkan 71,41 persen suara.

Sedangkan Prabowo yang berpasangan dengan politikus Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa, kala itu cuma meraup suara 28,59 persen saja.

Baca Juga: [LINIMASA] Pilpres 2019: Jokowi Vs Prabowo, Siapa Unggul?

Topic:

  • Sunariyah

Just For You