Pecandu Gadget? Terapkan 5 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata!

Jangan biarkan matamu rusak!

Setiap hari setiap saat kita memang tak bisa lepas dari gadget dan sudah menjadikan gadget sebagai teman setia. Karena kita selalu asyik dengan gadget, tanpa sadar kesehatan mata kita pun terganggu dan pengelihatan pun buram. Kalau sudah begini otomatis segala aktivitas bisa terganggu dan tidak maksimal.

Terapkan 5 tips berikut agar kesehatan matamu tetap terjaga. Yuk jaga pengelihatanmu agar tetap normal!

1. Pakai kacamata anti radiasi

Pecandu Gadget? Terapkan 5 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata!mirror.co.uk

Gadget memang mengandung sinar biru yang bisa merusak retina mata. Agar kesehatan mata tetap terjaga cobalah pakai kacamata anti radiasi agar sinar biru tidak merusak mata. Kamu bisa melapisi kacamata dengan anti radiasi di optik terdekat. Dengan begitu pengelihatanmu tidak akan terganggu meski harus melihat gadget selama berjam-jam.

2. Istirahatkan mata sesekali dari gadget

Pecandu Gadget? Terapkan 5 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata!Pexels/Bruce Mars

Mata butuh istirahat dari gadget dan akan merasa lelah bila terus digunakan. Oleh sebab itu usahakan untuk mengistirahatkan mata dari gadget bila mata mulai terlihat buram. 

Kamu bisa juga sambil melakukan peregangan agar sistem sirkulasi darah tetap lancar dan berjalan-jalan kecil untuk melakukan penyegaran. Jangan dipaksakan terus melihat gadget!

Baca Juga: 7 Khasiat Timun untuk Kulit, dari Atasi Mata Bengkak Sampai Anti-Aging

3. Atur kecerahan gadget

Pecandu Gadget? Terapkan 5 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata!Pexels/Christina Morilo

Salah satu hal yang bisa merusak mata adalah layar gadget terlalu cerah dan terlalu buram. Oleh sebab itu aturlah pencahayaan gadget agar kesehatan matamu tetap terjaga. Layar gadget yang terlalu terang atau buram, bisa membuat otot mata bekerja dengan keras dan akhirnya penglihatan pun menjadi buram dan terganggu.

4. Simpan gadget satu jam sebelum tidur

Pecandu Gadget? Terapkan 5 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata!Pexels/Ivan Obolensky

Nampaknya masih banyak orang yang belum sadar bila melihat gadget di malam hari sebelum tidur bisa merusak mata. Hal ini karena pada malam hari menjelang tidur cahaya yang dihasilkan sering kurang memadai dibandingkan layar gadget yang terang. Otomatis penglihatan pun bisa terganggu dan mata bisa rusak karena cahaya gadget dan cahaya sekeliling tidak seimbang.

Oleh sebab itu jauhkan gadget satu jam menjelang tidur agar kesehatan matamu tidak terganggu.

5. Konsumsi makanan bernutrisi

Pecandu Gadget? Terapkan 5 Tips Ini untuk Jaga Kesehatan Mata!Pexels/Valeria Boltneva

Terakhir, imbangi dengan makan makanan bergizi tinggi dan mengandung vitamin A yang tinggi. Hal ini untuk membantu agar matamu tetap sehat dan penglihatanmu tetap normal. Karena mata merupakan indera yang penting bagi kehidupan kita sehari-hari, jangan dirusak dengan menggunakan gadget secara berlebihan.

Yuk lebih bijak lagi saat menggunakan gadget!

Baca Juga: 5 Fakta Blefarospasme, Kelainan Kelopak Mata yang Sebabkan Kebutaan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya