Comscore Tracker

Menkes Imbau Orangtua Pahami Kebutuhan Gizi Anak Sejak Dini

Upaya pemenuhan gizi menurunkan angka stunting di Gorontalo

Gorontalo, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek mengunjungi SMK 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Dalam kunjungannya, Nila berdialog dengan para pelajar membahas isu kesehatan.

Dia mengatakan, kehadirannya di Gorontalo karena banyak inovasi yang dilakukan di bidang kesehatan. Terkait stunting atau tubuh pendek, misalnya, Nila meminta para pelajar berdiri untuk menunjukkan kalau pertumbuhan fisik mereka sempurna.

“(Kalian) pada tinggi-tinggi gak sih, tinggi-tinggi, besar. Kelihatan sekali kalian sehat dan cerdas. Kalian yang kita harapkan, generasi ke depan seperti kalian ini,” ucap Nila di Aula SMK 1 Limboto, Senin (16/7).

1. Kebutuhan gizi harus dipahami sejak dini

Menkes Imbau Orangtua Pahami Kebutuhan Gizi Anak Sejak DiniIDN Times/Indiana Malia

Menkes berpesan kepada pelajar untuk memahami gizi sejak dari remaja, agar ketika hamil nanti bisa melahirkan keturunan yang sehat. Sebenarnya pemahaman stunting ini juga penting buat orangtua, terutama bagaimana memberikan gizi yang baik kepada anak.

Untuk memberikan makanan sehat seperti yang mengandung karbohidrat, lanjut Menkes, tidak hanya dari nasi, tapi ada makanan lain yang juga mengandung karbohidrat, seperti jagung yang banyak ditemui di Gorontalo.

“Gorontalo juga terkenal dengan ikannya. Ikan itu banyak protein tinggi, dan jangan lupa sayur dan buah,” kata Nila.

2. Angka stunting di Gorontalo menurun

Menkes Imbau Orangtua Pahami Kebutuhan Gizi Anak Sejak DiniIDN Times/Indiana Malia

Nila juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan dalam penurunan stunting oleh pemerintah Gorontalo melalui pembelajaran ilmu gizi berbasis makanan khas daerah Gorontalo, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA sederajat.

Dilakukan pula pemberian makanan tambahan pada ibu hamil Kurang Energi Kronik (KEK), dan sosialisasi serta pemberian tablet tambah darah pada remaja.

Prevalensi stunting (tinggi badan/usia) balita usia 0-59 bulan di Provinsi Gorontalo pada 2017 adalah 31,7 persen. Secara khusus, di lokasi Kabupaten Gorontalo, selama tiga tahun berturut-turut prevalensi stunting balita 0-59 bulan di Kabupaten Gorontalo mengalami penurunan dari 40,7 persen pada 2015 menjadi 37,6 persen pada 2016 dan 32,3 persen pada 2017.

3. Kesehatan harus diiringi akses air dan sanitasi bersih

Menkes Imbau Orangtua Pahami Kebutuhan Gizi Anak Sejak DiniIDN Times/Indiana Malia

Nila mengingatkan kesehatan sangatlah penting, namun tidak bisa berdiri sendiri. Artinya harus diiringi dengan akses air dan sanitasi yang bersih.

“Jadi betul-betul kesehatan itu nomor satu. Kalau kita sehat kita akan pandai dan ekonomi kita bagus. Kalau kita mau negara kita maju, memang dimulai dari masa remaja, karena itu yang menentukan kesehatan kelurga kalian, kesehatan keturunan kalian,” kata Nila.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya