Cerita Prabowo Temukan Prasasti Bertulisan Belanda di Manggarai

Belanda larang pribumi dan anjing berenang di kolam

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden Partai Gerindra, Prabowo Subianto bercerita pernah menemukan prasasti bertulisan Belanda pada sebuah kolam renang di Manggarai, Jakarta Selatan. Dalam prasasti itu, terdapat tulisan berbahasa Belanda yang melecehkan pribumi.

Prasasti dalam keadaan berlumut di dinding kolam renang bekas Belanda itu ditemukan Prabowo pada 1978.

“Saya bersihkan saya kaget, di situ ada kata-kata dalam bahasa Belanda, ‘honden and inlander forbodden’, artinya anjing dan pribumi dilarang. Jadi kita-kita ini tidak boleh masuk kolam renang, karena kita lebih rendah dari anjing,” kata Prabowo di depan ribuan kader Gerindra se-Jakarta Timur di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jaktim, Minggu (16/7/2023).

Baca Juga: Prabowo Subianto Minta Belanda Kembalikan Semua Artefak Indonesia

1. Prabowo minta pendukungnya tidak dendam terhadap Belanda

Cerita Prabowo Temukan Prasasti Bertulisan Belanda di ManggaraiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Prabowo menyebut, pada zaman itu, Belanda melarang pribumi berenang di kolam renang. Prabowo meminta agar pendukungnya tidak menyimpan dendam terhadap Belanda.

“Saya saksi, saya lihat kok bangsa saya dianggap lebih rendah dari anjing? Tapi saudara jangan dendam, kita tidak dendam, kita bangsa besar, kita bangsa ramah, ajaran orang tua kita baik. Ajaran semua agama yang ada di Indonesia mengajak kebaikan jangan benci jangan dendam,” ujat dia.

Baca Juga: Gaya Komunikasi Makin Disukai, Dukungan Akar Rumput Prabowo Menguat

2. Prabowo sambut baik permintaan maaf Belanda

Cerita Prabowo Temukan Prasasti Bertulisan Belanda di ManggaraiMenteri Pertahanan dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Masjid Istiqlal, Kamis (18/5/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo bersyukur atas kesadaran para pemimpin Belanda untuk mengembalikan artefak Indonesia. Ia juga mengapresiasi permintaan maaf Belanda.

Alhamdulillah sekarang pemimpin Belanda sadar apa yang mereka lakukan terhadap bangsa kita, rajanya sudah minta maaf. Lumayan minta maaf, kekayaan udah diambil dia minta maaf,” ujar Prabowo.

Baca Juga: Fahri Hamzah Nilai Prabowo Layak Didukung di 2024: Dia Tokoh Pemersatu

3. Prabowo minta Belanda kembalikan seluruh artefak

Cerita Prabowo Temukan Prasasti Bertulisan Belanda di Manggaraiartefak tulisan pada Perpustakaan Ashurbanipal (youtube.com/HistorywithCy)

Prabowo pun berharap, Belanda mengembalikan seluruh artefak yang pernah dirampas saat menjajah Indonesia.

“Dan mereka dua hari yang lalu mereka mau kembalikan harta-harta, artefak yang bernilai sangat tinggi yang dirampas dirampok dari istana raja kota di Indonesia sekarang mau dikembalikan. Ada banyak artefak, totalnya 114 mau dikembalikan,” kata Prabowo.

“Mudah-mudahan tidak hanya 114 tapi semua artefak yang mereka rebut dari kita mudah-mudahan dikembalikan,” imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya