Polri Beli Pesawat Bekas Boeing 737 dari Irlandia Hampir Rp1 Triliun

Pesawat dibeli dengan alasan menghadapi Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Polri membeli pesawat Boing 737-800NG dengan register Boeing 737 800NG/P-7301 dengan mahar hampir Rp1 triliun dari sebuah perusahaan yang bermarkas di Dublin, Irlandia.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan total pembelian pesawat itu menghabiskan dana sebesar Rp997 miliar.

"Pagu Anggaran sebesar 1 triliun, dengan total anggaran Rp997.689.408.250," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jumat (14/7/2023).

1. Biaya modifikasi hingga pemeliharaan Rp330,64 miliar

Polri Beli Pesawat Bekas Boeing 737 dari Irlandia Hampir Rp1 TriliunKaro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ramadhan memerinci, untuk biaya pembelian pesawat sendiri yakni sebesar Rp664 miliar. Selanjutnya biaya Rp330,64 miliar untuk keperluan modifikasi cabin, cargo, pemeliharaan, pelatihan pilot, pramugari, dan teknisi selama satu tahun.

"Dimana posisi pesawat tersebut berada di Ostrava Republik Ceko sebesar Rp995,350 miliar," imbuhnya.

Sedangkan dana yang dikeluarkan di luar kepentingan pesawat, yakni biaya manajemen konsultan senilai kontrak Rp1,72 miliar, sesuai surat perjanjian jasa konsultasi hingga dengan konsultan jasa penilaian publik dengan nilai kontrak Rp579 juta.

Baca Juga: Satgasus Korupsi Polri Petakan Masalah Ilegal Drilling

2. Pesawat bakal digunakan untuk menghadapi pengamanan Pemilu 2024

Polri Beli Pesawat Bekas Boeing 737 dari Irlandia Hampir Rp1 Triliun(Ilustrasi Boeing 737 MAX) www.boeing.com

Bukan tanpa alasan, Ramadhan menerangkan Polri membutuhkan pesawat tersebut untuk mobilitas kebutuhan Polri khususnya menjelang Pemilu 2024.

Nantinya pesawat itu bisa digunakan untuk membawa kebutuhan personel, peralatan, hingga bantuan dari Korps Bhayangkara.

"Dalam rangka menghadapi tahun politik 2024 serta kerawanan gangguan Harkamtibmas, bencana alam dan terorisme yang berpotensi dapat membawa dampak negatif terhadap ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan di wilayah NKRI sehingga diperlukan penanganan segera oleh Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," ujar Ramadhan.

"Oleh karena itu Polri memerlukan pesawat terbang untuk transportasi," sambungnya.

3. Polri beralasan terkendala waktu jika menggunakan pesawat sipil

Polri Beli Pesawat Bekas Boeing 737 dari Irlandia Hampir Rp1 TriliunPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Lebih lanjut, Ramadhan mengklaim kebutuhan Polri akan armada itu sudah sangat mendesak. Sebab, jika masih menggunakan pesawat sipil, masih terdapat sejumlah kendala yang akhirnya membatasi gerak Polri.

"Karena apabila menggunakan pesawat sipil, Polri harus menyesuaikan dengan jadwal penerbangan serta mengikuti regulasi penerbangan sipil," kata Ramadhan.

Baca Juga: Di Acara HUT Purnawirawan Polri, Ganjar Ngaku Bangga Jadi Anak Polisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya