Pengamat UI: Debat Cawapres 2019 Skornya Imbang 1-1

Kedua cawapres disebut punya kekuatan mereka masing-masing

Jakarta, IDN Times - Debat Cawapres 2019 yang jadi salah satu dari lima rangkaian Debat Pilpres 2019, berakhir sudah pada Minggu (17/3) malam ini. Menutup debat yang melibatkan kedua calon wakil presiden ini, pengamat sosial Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati, berujar bahwa hasil debat kali ini sama kuat alias imbang.

"Menurut saya, sih, hasilnya imbang ya. Kubu 01 unggul di kebijakan, yang menurut saya sangat kuat penyampaiannya, sementara di kubu 02 unggul di karakter, mengedepankan sosok Sandiaga Uno yang menjunjung tinggi hormat kepada lawan debatnya, Kiai Ma'ruf Amin," ujar Devie menjelaskan.

Di sisi lain, dosen Vokasi Komunikasi UI ini menyebutkan bahwa di konteks lain, utamanya bagi millennials, debat kali ini dirasa sedikit kurang menghibur. "Di level hibur, hal yang disukai millennial, saya rasa ini masih kurang, lah," lanjut Devie lagi.

Ke depannya, Devie menjelaskan bahwa di debat-debat mendatang, perlu ada perubahan yang lebih baik, salah satunya adalah membumikan kebijakan-kebijakan agar lebih menyentuh ke rakyat.

"Ada persoalan konkret yang harusnya bisa disampaikan secara lebih membumi. Tugasnya kan untuk yakinkan publik bahwa Anda hadir ke rakyat dengan kebijakan yang nyata," kata Devie lagi.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya