Comscore Tracker

Fakta-fakta Hari Guru Nasional yang Kamu Perlu Tahu

Selamat Hari Guru! Dirgahayu PGRI!

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali memperingati Hari Guru Nasional hari ini, Kamis (25/11/2021). Peringatan ini sengaja digelar untuk mengenang dan berterima kasih atas jasa para guru yang juga dikenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa.

Perayaan ini berbeda dengan perayaan Hari Guru Sedunia yang diperingati 5 Oktober lalu. Berikut sejumlah fakta tentang Hari Guru Nasional.

1. Hari Guru Nasional adalah hari lahir PGRI

Fakta-fakta Hari Guru Nasional yang Kamu Perlu TahuIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia pada 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

PGRI sendiri merupakan organisasi yang didirikan para guru pribumi sejak zaman penjajahan belanda pada 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGRI memiliki afiliasi dengan ASEAN Council of Teachers dan tergabung pula dalam Education International yang diikuti oleh sedikitnya 172 negara lainnya.

Baca Juga: Turun ke Lapangan, Nadiem Kaget Gaji Guru Honorer Cuma Rp100-300 Ribu

2. Cerita panjang perjuangan guru sebelum Hari Guru Nasional diresmikan

Fakta-fakta Hari Guru Nasional yang Kamu Perlu TahuPatung Ki Hajar Dewantara di depan Pendopo Agung Taman Siswa (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Di masa penjajahan, kaum guru juga menunjukkan rasa cintanya pada tanah air dan perjuangannya membantu Indonesia lepas dari penjajah. Kala itu, para guru membentuk sebuah organisasi perjuangan bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB berdiri pada 1912. Organisasi ini bersifat unitaristik yang tidak membedakan status, gelar golongan bahkan gender. Anggotanya pun terdiri dari Guru Bantu, Guru Desa, Kepala serta Penilik Sekolah.

Semangat para guru makin berkobar setelah berhasil memperjuangkan kesetaraan hak dan posisi dengan pihak Belanda dengan keberhasilan guru Indonesia menjadi kepala sekolah di HIS. Pada 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Kata "Indonesia" dalam organisasi tersebut ternyata dianggap sebagai ancaman oleh Belanda. Namun, semangat para guru tak juga padam.

Di masa penjajahan Jepang, organisasi ini turut dilarang. Sekolah ditutup, PGI praktis berhenti. Barulah pascaproklamasi, secercah harapan akan pergerakan para guru kembali.

PGI membuat kongres perdana kembali pada 24-25 November 1945. Tepat 100 hari setelah proklamasi, pada 25 November 1945, PGRI berdiri.

Pergerakannya terus terdengar hingga saat ini.

3. Tema Hari Guru Nasional 2021

Fakta-fakta Hari Guru Nasional yang Kamu Perlu TahuIlustrasi logo Hari Guru Nasional 2021 (website https://gtk.kemdikbud.go.id/)

Merayakan Hari Guru Nasional ke-76 tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengangkat tema "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Meski berjalan di tengah pandemik COVID-19, gelora untuk memperingati Hari Guru Nasional dari Kemendikbud tak juga surut.

Kemendikbud akan tetap mengadakan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional yang berlangsung secara terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan mulai pukul 08.00 WIB hari ini, Kamis (25/11/2021).

Selamat hari guru untuk seluruh guru di Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Guru, Kemdikbud Bakal Gelar Program Guru Belajar

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya