Prabowo-Sandiaga Soroti Rupiah, Kubu Jokowi: Mereka Tak Lihat Data

Sandiaga sampai-sampai menukar dolar miliknya

Jakarta, IDN Times - Di tengah upaya Pemerintah menguatkan rupiah, bakal calon wakil presiden dari kubu Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, menukarkan dolar miliknya, Jumat (8/9). Lalu, bagaimana komentar kubu Joko Widodo--yang juga bakal calon presiden petahana?

Sandiaga sempat mengutarakan bahwa pelemahan rupiah cepat atau lambat akan memukul rakyat dengan kenaikan berbagai kebutuhan pokok. Sandiaga pun mendesak Pemerintah mengambil langkah konkret.

Menjawab itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar, Lodewijk Paulus menegaskan  rupiah adalah mata uang yang bertumbuh positif di wilayah Asia.

1. Menjadi masalah global bukan masalah nasional

Prabowo-Sandiaga Soroti Rupiah, Kubu Jokowi: Mereka Tak Lihat DataIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Lodewijk, rupiah masih menjadi salah satu mata uang yang paling kuat dibanding mata uang selevel. "Ini masalah global, bukan masalah Indonesia saja," kata dia saat ditemui  di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma’ruf Amin, Jalan Proklamasi 46, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9). 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa rupiah melemah ke level Rp15 ribu dari Rp13 ribu. “Jadi bukan kayak 1998, Rp2.300 bergerak ke Rp16.000. Tapi kondisi ekonomi kita kuat sehingga tidak mungkin seperti kita lihat tidak seperti mata uang Lira di Turki dan Argentina.  Kita lihat, kita cek (rupiah) cukup kuat,” kata Lodewijk menjelaskan.

Baca Juga: 7 Perbedaan Pelemahan Rupiah di Krisis 1998 dengan Kondisi Tahun 2018

2. Lodewijk: Kubu Prabowo tidak melihat data

Prabowo-Sandiaga Soroti Rupiah, Kubu Jokowi: Mereka Tak Lihat DataANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dalam tahun politik ini, isu ekonomi menjadi salah satu senjata untuk saling serang antar kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Nilai tukar rupiah yang kini melemah terhadap dolar tak heran menuai banyak tudingan dari pihak seberang Jokowi.

“Mereka tidak melihat data itu saja, tidak melihat data,” kata Lodewijk ketika ditanya tanggapannya terkait tudingan kubu seberang. “Apa yang dilakukan dan bagaimana membandingkan dengan mata uang Asia yang lain. Kita bertumbuh positif itu loh,” katanya menjelaskan.

3. Sandi tukarkan dolar, Lodewijk: itu bagus

Calon wakil presiden Sandiaga Uno melakukan aksi menukarkan dolar yang dimilikinya ke dalam mata uang rupiah. Aksi ini lantas menjadi perhatian publik.

“ya saya pikir itu bagus, sebagaimana pertanggungjawaban anak bangsa. Bentuk nasional nasionalisme seperti itu kan bagus tentunya kita hargai. Gitu loh mudah-mudahan bisa ditiru oleh yang lain,” tutur Lodewijk. 

Sandi diketahui menukarkan mata uang dolar miliknya sebesar US$1.000. Dia kemudian mengunggahnya ke akun Instagam miliknya yang terverifikasi.

Lodewijk mengungkap, sudah banyak kalangan yang menukarkan dolar mereka setelah rupiah terus terperosok. "Tanpa terekspos sudah banyak yang melakukan,” kata Lodewijk.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Tanggapi Situasi Ekonomi Indonesia Saat Ini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya