Dear Gen Z, Ini Tips Memilih Pemimpin di Pemilu 2024 agar Tak Menyesal

Gen Z bisa optimalkan media sosial

Jakarta, IDN Times - Generasi Z yang akan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 mesti ekstra bijak, sebelum mementukan pilihannya. Ketika memilih pemimpin dalam pemilu nanti jangan sampai berujung pada penyesalan, karena kebijakan yang tidak sesuai dengan janji kampanye.

Maka dari itu, sebaiknya Gen Z mengetahui kiat-kiat bagaimana memilih calon pemimpin yang tepat dengan kebutuhan kalian pada masa mendatang.

Baca Juga: Menjawab Gen Z: Mengapa Presiden RI Hanya Menjabat Selama 5 Tahun? 

1. Gen Z bisa optimalisasi medsos

Dear Gen Z, Ini Tips Memilih Pemimpin di Pemilu 2024 agar Tak MenyesalNurlia Dian Paramita, Koordinator JPPR dalam Talkshow series #GenZMemilih, "Parpol Baru Bisa Kasih Apa ke Gen Z?" by IDN Times pada Rabu (1/3/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Nurlia Dian Paramita, mengatakan Generasi Z bisa mengutamakan media sosial (medsos) untuk mencari tahu sosok pemimpin mana yang cocok dengan dirinya. 

Dengan mencari tahu latar belakang calon pemimpin, Gen Z bisa lebih bijak memilih pemimpin agar tak menyesal pada masa mendatang. 

"Gen Z mulai hari ini memang betul-betul kalau melihat medsos harus sambil mencermati isu yang berkembang apa, bagaimana sosok calon (pemimpin) merespons isu tersebut," kata Nurlia dalam Talkshow Gen Z Memilih by IDN Times, Rabu (1/3/2023).

Gen Z juga bisa melihat pandangan kelembagaan partai politik yang menaungi sosok tersebut, apakah selaras dengan pemikiran generasi Z. 

"Harapannya tidak salah pilih melihat kelembagaan apa yang dibangun parpol. Kadang baik, kadang ada beberapa catatan," ucapnya. 

Baca Juga: Partai Garuda Ajak Gen Z Masuk Parpol, Ikut Bikin Kebijakan

2. Ikut Zillenial dari JPPR

Dear Gen Z, Ini Tips Memilih Pemimpin di Pemilu 2024 agar Tak MenyesalNurlia Dian Paramita, Koordinator JPPR dalam Talkshow series #GenZMemilih, "Parpol Baru Bisa Kasih Apa ke Gen Z?" by IDN Times pada Rabu (1/3/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Nurlia juga menekankan pentingnya membangun relasi atau jaringan pemilih, untuk memastikan janji-janji kampanye dari anggota partai politik bisa terealisasi saat nanti duduk di legislatif atau eksektutif. 

Untuk itu, kata dia, JPRR membangun Zillenial, khusus untuk pemilih muda yang ingin berjejaring bersama sebagai pemantau arah kebijakan politik yang akan dibangun setelah 2024. 

"Melalui Zillenial ini berjejaring supaya memiliki wadah bersama. Jadi bagaimana hari ini sudah saling mengenal, mengetahui track record masing-masing," ucap Nurlia.

3. Tanya apa pun di #GenZMemilih

Dear Gen Z, Ini Tips Memilih Pemimpin di Pemilu 2024 agar Tak Menyesal(IDN Times/Aditya Pratama)

IDN Times sebagai media yang menargetkan milenial dan Gen Z, punya peran dan tanggung jawab memberikan edukasi serta literasi soal politik serta Pemilu 2024 kepada Gen Z dan milenial.

Apalagi, IDN Media dipercaya sudah menjadi media partner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan menandatangani MoU pada Oktober 2022.

Melalui microsite khusus dan program talkshow series Gen Z Memilih, IDN Times berupaya memberikan edukasi dan literasi, yang diharapkan bisa menjadi panduan bagi Gen Z dan milenial jelang pemilu.

Gen Z dan milenial bisa bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan di microsite Gen Z Memilih, seputar pemilu atau politik. Nah, menariknya, setiap pertanyaan terbaik dengan vote tertinggi akan mendapatkan hadiah berupa poin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai ratusan ribu rupiah.

Talkshow series Gen Z Memilih berlangsung setiap Rabu, mulai Februari 2023 hingga Februari 2024, dengan menghadirkan pembicara-pembicara kompeten dan wakil Gen Z. Selain itu, IDN Times juga bekerja sama dengan sejumlah kampus.

Buat kalian yang akan mengirimkan pertanyaan, caranya gampang banget. Berikut tata cara mengajukan pertanyaan di #GenZMemilih:

- Login di laman situs IDN Times dengan akun asli sesuai identitas KTP.
- Buka situs IDN Times atau buka link ini: https://tanyajawab.idntimes.com/
- Pilih kanal Tanya Jawab, dan pilih fitur "Lainnya"
- Masukan pertanyaan dan sertakan hastag #GenZMemilih. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya