Janji PSI Jika Masuk Senayan: BPJS Kesehatan dan Pendidikan Gratis 

PSI ingin anak muda menjadi subjek politik

Jakarta, IDN Times — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjanjikan dua program unggulan jika berhasil lolos masuk ke Senayan, DPR RI pada Pemilu 2024.

Juru Bicara PSI, Belmondo Scorpio, mengatakan, ada dua program utama PSI jika berhasil masuk sebagai anggota DPR RI. Pertama, menyediakan akses asuransi kesehatan (BPJS) gratis dan pendidikan gratis yang bisa diakses semua kalangan.

Baca Juga: Gen Z Wajib Tahu, Ini 7 Fakta Mengenai Pemilu 2024

1. BPJS kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat

Janji PSI Jika Masuk Senayan: BPJS Kesehatan dan Pendidikan Gratis Talkshow Series #GenZMemilih "Jurus Jubir Muda Partai Gaet Gen Z" by IDN Times (IDN Times/Besse Fadhilah)

Belmondo mengatakan, program utama PSI adalah menyediakan akses kesehatan gratis tanpa jenjang untuk masyarakat. Pihaknya mengamini bahwa BPJS Kesehatan gratis tanpa urunan biaya bisa dilakukan di Indonesia.

“Ini program gagasan yang konkret ingin dilakukan PSI. Pertama, BPJS gratis, itu kami berangkat dari falsafah bahwa hak kesejahteraan adalah hak sehat sehingga subsidi orang tidak mampu kita setarakan. Tidak ada level di sana,” kata Belmondo kepada IDN Times, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga: PSI Janjikan Kuliah Gratis di Universitas Negeri Apabila Lolos ke DPR

2. Menyediakan lowongan pekerjaan dan pendidikan gratis

Janji PSI Jika Masuk Senayan: BPJS Kesehatan dan Pendidikan Gratis Ilustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Selain itu, PSI juga fokus menyediakan lowongan kerja untuk generasi Z dan milenial pada 2024 jika berhasil duduk di Senayan.

Belmondo mengatakan, PSI ingin mendorong sinkronisasi kebutuhan kerja dengan sekolah sehingga pendidikan menjadi perhatian utama.

“Terkait lowongan kerja, PSI ingin mendorong pembiayaan kuliah gratis, mendorong sinkronisasi kebutuhan kerja dengan sekolah,” ujarnya.

Baca Juga: PSI Sebut Nomor Urut Partai Pemilu 2024 Tak Pengaruhi Kemenangan

3. PSI sebut anak muda bukan komoditas politik

Janji PSI Jika Masuk Senayan: BPJS Kesehatan dan Pendidikan Gratis Twitter PSI

Lebih lanjut, kata Belmondo, pihaknya tak pernah beranggapan bahwa anak muda adalah komoditas politik. Sebaliknya, Gen Z dan milenial dinilainya merupakan subyek utama dalam dunia politik.

Menurutnya, generasi muda menjadi orang yang akan meneruskan perjuangan Indonesia sehingga tidak bisa hanya duduk sebagai objek dalam dunia politik.

“PSI ingin sampaikan kepada Gen Z dan milenial, kita bukan gimmick. Kita politik substantif yang ingin kebijakan itu lahir dari anak muda,” ujarnya.

Baca Juga: PSI Soroti Jutaan Ruang Kelas Sekolah di Indonesia Rusak

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya