Komisi II Sindir Ketua Bawaslu Tak Hadir Rapat: Dukung Pemilu Ditunda?

Komisi II DPR pertanyakan Ketua Bawaslu tak hadir rapat

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus mempertanyakan absennya Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam rapat dengar pendapat (RDP) pembahasan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) yang menunda Pemilu 2024.

Guspardi mengaku kesal karena Ketua Bawaslu justru tak hadir dalam rapat tersebut. 

1. Kehadiran Bawaslu diperlukan untuk pastikan pelaksanaan Pemilu 2024

Komisi II Sindir Ketua Bawaslu Tak Hadir Rapat: Dukung Pemilu Ditunda?Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Guspardi, persoalan putusan PN Jakpus bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU. Putusan itu merupakan tanggung jawab semua pihak penyelenggara pemilu 2024, tak terkecuali Bawaslu.

"Saya kecewa kepada Bawaslu, apalagi ketua Bawaslunya tidak hadir. Menjadi catatan penting menurut hemat saya sebagaimana dikemukakan pimpinan tadi, persoalan putusan pengadilan itu tidaklah sesuatu yang sederhana, bukan hanya tanggung jawab KPU saja," kata Guspardi Gaus, dalam rapat bersama Komisi II DPR RI, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Protes Keras Soal Politik Identitas, Bawaslu Akan Tegur Partai Ummat

2. Rahmat Bagja sedang di luar negeri

Komisi II Sindir Ketua Bawaslu Tak Hadir Rapat: Dukung Pemilu Ditunda?Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja (IDN Times/Aryodamar)

Guspardi mengatakan pihaknya mendapat bocoran bahwa Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Anggota Bawaslu Lolly Suhenty tak hadir rapat lantaran tengah berada di luar negeri.

Padahal menurutnya isu penundaan pemilu bukan masalah ringan dan harus dicermati oleh setiap penyelenggara Pemilu.

Pimpinan DPR, kata Guspardi, bahkan memberikan atensi kepada anggota Komisi II untuk menunda ke luar negeri untuk membahas soal penundaan pemilu.

"Jadi persoalan ini bukan sederhana bapak-bapak, sehingga pimpinan memberikan pemahaman kepada kami Komisi II, tunda dulu ke luar negeri itu, walaupun itu adalah hak. Namun, anehnya salah satu di antara penyelenggara itu adalah Bawaslu, ketuanya yang tidak hadir, ini ada apa?" ujarnya.

3. Berharap Bawaslu tak ingin penundaan Pemilu

Komisi II Sindir Ketua Bawaslu Tak Hadir Rapat: Dukung Pemilu Ditunda?Anggota DPR dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus (www.dpr.go.id)

Guspardi pun berharap agar ketidakhadiran Ketua Bawaslu dan anggota Bawaslu tidak menimbulkan narasi jika Bawaslu menghendaki adanya penundaan Pemilu 2024.

"Jangan terkesan Bawaslu memang berkehendak untuk melakukan penundaan itu. Nih tentu bisa menimbulkan persepsi yang demikian, enak-enak aja dia ke luar negeri padahal kita sedang serius. Kami rapat ke V ini dari pagi, maraton, paling jeda makan dan sholat, tolong diingetin ke Bawaslu beserta Lolly yang tidak hadir, yang perempuan itu," imbuh dia.

Baca Juga: AHY: Indonesia Bisa Jadi Banana Republik Imbas Penundaan Pemilu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya