Soal Cawapres Anies, Hermawi Nasdem: Bisa AHY, Aher, Sandi, Khofifah

NasDem sebut terbuka dengan semua kandidat cawapres

Jakarta, IDN Times - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim buka suara soal kemungkinan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan. Sederet nama bisa jadi kemungkinan sosok yang akan mendampingi Anies dalam Pilpres 2024. 

Hermawi mengaku pihaknya tidak menutup pintu untuk tokoh yang ingin bersanding dengan Anies di 2024. Kendati demikian, NasDem menegaskan bahwa keputusan final cawapres berada di tangan Anies. 

Baca Juga: Anies-Sandi Didorong Duet 2024, Prabowo: Kalau Gerindra Saya Capresnya

1. Sederet nama kandidat cawapres Anies

Soal Cawapres Anies, Hermawi Nasdem: Bisa AHY, Aher, Sandi, KhofifahMomen Anies Baswedan bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Jakarta Pusat (instagram.com/Agusyudhoyono)

Hermawi mengatakan, ada sejumlah figur yang kerap disandingkan dengan Anies Baswedan untuk menjadi cawapresnya. Di antara figur yang kerap disebut, salah satunya yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

"Dari PKS ada Ahmad Heryawan (Aher), kalau tadi ada disebutkan lagi Sandiaga Uno, ada yang menyebut Khofifah Indar Parawansa, ada juga yang menyebut Jenderal Andika perkasa, itu semua kandidat yang digodok nanti kita presentasikan ke Pak Anies," kata Hermawi dalam Talkshow Gen Z Memilih by IDN Times, Senin (6/3/2023). 

Baca Juga: Prabowo-Surya Paloh Bertemu, PKS Komentari Lewat Pantun

2. Ada diskusi antara Anies dan mitra koalisi

Soal Cawapres Anies, Hermawi Nasdem: Bisa AHY, Aher, Sandi, KhofifahIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hermawi juga menyampaikan, ada diskusi antara calon mitra koalisi bersama Anies Baswedan terkait figur cawapres. Menurutnya, NasDem sendiri memasukkan kriteria cawapres yakni 'pemimpin bangsa'. 

Artinya, NasDem tak 'mengunci' figur cawapres hanya dari tokoh parpol atau sederet figur di dunia politik lainnya. 

"Kalau dari 3 partai itu (NasDem, Demokrat, PKS) ada, ya silakan, dari luar calon itu juga ya silakan. Biar Pak Anies nanti yang memilih," ujarnya.

3. Demokrat dan PKS sepakat Anies jadi bakal capres

Soal Cawapres Anies, Hermawi Nasdem: Bisa AHY, Aher, Sandi, KhofifahAnies Baswedan di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pasar Minggu, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagai informasi, tiga partai politik telah setuju memajukan Anies Baswedan sebagai bakal capres. Tiga partai politik itu yakni NasDem, Demokrat, dan PKS. Anies kini telah mengantongi syarat minimal dukungan di Pilpres yakni 20 persen kursi di DPR. 

Langkah Anies menuju kontestasi itu kini tinggal mengumumkan cawapres yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024. Anies juga perlu mendapat dukungan secara resmi berupa deklarasi dari tiga partai politik tersebut.

Baca Juga: Ini yang Dibahas Prabowo dan Surya Paloh di Hambalang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya