Survei: Demokrat, NasDem, PKS Masuk Partai Menengah, Kalah dengan PDIP

PDIP, Golkar, dan Gerindra disebut partai besar

Jakarta, IDN Times — Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengelompokkan partai politik peserta Pemilu 2024 dalam empat kategori. Pertama partai besar, menengah, kecil, dan ‘gurem’ atau partai ‘nol koma’ berdasarkan hasil survei.

Menurut hasil survei, terdapat empat partai menengah yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan dukungan 8 persen, Partai Demokrat 5 persen, Partai Keadilan Sejahtera 4,9 persen, dan Partai NasDem 4,4 persen.

“Keempat partai ini mendapat dukungan direntang 4-10 persen sehingga dikategorikan sebagai partai menengah,” kata Peneliti LSI, Ardian Sopa, saat menyampaikan rilisnya, Selasa (7/3/2022).

Dengan pengelompokkan ini, partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan yakni Demokrat, NasDem, dan PKS masih kalah saing dengan partai besar seperti PDIP dalam survei ini.

Baca Juga: Hasil Survei: PDIP Masih Jadi Partai Favorit, Paling Banyak Dipilih 

1. Tiga partai besar dalam survei

Survei: Demokrat, NasDem, PKS Masuk Partai Menengah, Kalah dengan PDIPRapat koordinasi kepala daerah PDIP di Sekolah Partai PDIP (dok. PDIP)

Survei LSI Denny JA juga memperlihatkan ada tiga partai besar, di antaranya PDIP dengan dukungan 22,7 persen, Partai Golongan Karya (Golkar) dengan dukungan 13,8 persen, dan Partai Gerindra 11,2 persen.

“Ketiga partai di atas mendapatkan dukungan lebih dari 10 persen sehingga dikategorikan sebagai partai besar,” kata Ardian.

2. Partai-partai kecil dengan elektabilitas kurang dari 5 persen

Survei: Demokrat, NasDem, PKS Masuk Partai Menengah, Kalah dengan PDIPSekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Survei juga menunjukkan dukungan terhadap partai kecil karena hanya berada di angka 1-4 persen.

Partai kecil yang dimaksud LSI Denny JA seperti Partai Perindo dengan dukungan 2,8 persen, PPP dengan dukungan 2,1 persen, dan PAN dengan dukungan 1,9 persen.

Kemudian survei juga menyebut terdapat delapan partai ‘gurem’ atau partai yang hanya mendapatkan dukungan di bawah 1 persen.

Baca Juga: Politikus PDIP soal NasDem Mau Ketemu Mega: Harus Banyak Sabar

3. Ada 8 partai gurem

Survei: Demokrat, NasDem, PKS Masuk Partai Menengah, Kalah dengan PDIPIlustrasi bendera PSI (psi.id)

Delapan partai gurem tersebut yaitu PSI dengan dukungan sebesar 0,5 persen, PBB, Partai Garuda, Partai Ummat dengan dukungan sebesar 0,3 persen, Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Gelora, dan PKN dengan dukungan sebesar 0.1 persen.

“Kedelapan partai ini dukungannya di bawah 1 persen, sehingga dikategorikan sebagai Partai Nol Koma,” pungkasnya.

Survei ini sendiri dilakukan pada 4-15 Januari 2023 dengan wawancara tatap muka, menggunakan kuesioner. Metode survei multistage random sampling dengan responden 1.200 dan margin of error 2,9 persen.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya