Usai Pertemuan AHY-Surya: Sudah Restu SBY, Anies Bukan Capres Uji Coba

AHY berkonsultasi dengan SBY soal usung Anies

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, Anies Baswedan bukan sekedar bakal capres uji coba atau test the water.

AHY mengatakan Anies dipilih sebagai bakal capres karena sudah melalui sebuah proses konsultasi dan komunikasi yang intensif dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sehingga dinyatakan cocok sebagai bakal capres.

“Sikap Partai Demokrat itu resmi dan tentu (Anies) bukan hanya sekadar test the water, bukan hanya sekadar uji coba, tetapi setelah melewati sebuah proses konsultasi, komunikasi yang intensif antara saya sebagai ketum dan Bapak SBY,” ujarnya di DPP Partai Demokrat, Rabu (22/2/2023).

1. Demokrat sebut beri ruang untuk Anies

Usai Pertemuan AHY-Surya: Sudah Restu SBY, Anies Bukan Capres Uji CobaPertemuan Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat, Kamis (2/2/2023). (dok. IDN Times/Istimewa)

AHY mengatakan pihaknya memberikan ruang untuk Anies Baswedan sebagai bakal capres karena dianggap sebagai representasi dari perubahan dan perbaikan. Hal ini sejalan dengan visi Partai Demokrat yang menginginkan perubahan dan perbaikan di 2024 mendatang.

“Kami sepakat untuk mengusung perubahan dan perbaikan, kita juga harus bisa memberikan ruang kepada saudara Anies Baswedan untuk bisa menjadi bakal capres,” ujarnya.

Baca Juga: Tiba di Markas Demokrat, Surya Paloh Dipayungi AHY

2. AHY ingin koalisi bisa berlayar

Usai Pertemuan AHY-Surya: Sudah Restu SBY, Anies Bukan Capres Uji CobaKetum NasDem Surya Paloh ke DPP Demokrat bertemu Ketum AHY (IDN Times/Melani Putri)

Selain itu, AHY menyampaikan keinginannya agar Partai Demokrat, NasDem, dan PKS bisa segera mendeklarasikan Koalisi Perubahan.

“Yang jelas kami ingin kapal koalisi ini bisa segera berlayar, bukan hanya berlayar tapi juga bisa menang, memenangkan suara, hati, dan pikiran masyarakat,” ujarnya.

3. AHY dan Surya Paloh makan siang bersama

Usai Pertemuan AHY-Surya: Sudah Restu SBY, Anies Bukan Capres Uji CobaKetum NasDem (kiri) Surya Paloh dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Dok/Partai Demokrat)

Sebelumnya, Surya Paloh mendatangi markas Partai Demokrat, di Menteng, Jakarta Pusat. Surya Paloh yang tiba saat gerimis dipayungi oleh AHY masuk ke Kantor DPP Demokrat.

Keduanya sempat makan siang bersama dengan lauk kepala ikan kakap. Perbincangan yang diawali makan siang itu memakan waktu sekitar dua jam.

Baca Juga: Surya Paloh soal Cawapres Anies: Saya Juga Cocok  

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya