Anies Sebut Jadi Gubernur Seperti Tahanan Kota di Rakernas PKS

Anies mengaku bisa ke mana-mana setelah tak jadi gubernur

Jakarta, IDN Times - Anies Baswedan hadir di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Hotel Sultan Jakarta. Dalam pidatonya, Anies menyampaikan beberapa pengalamannya ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Anies menyebut, jabatan gubernur seperti tahanan kota. Sebab, dia mengaku tak bisa pergi ke mana-mana.

"Empat bulan terakhir ini setelah selesai tugas di Jakarta kami banyak berkeliling, tugas di Jakarta itu secara resmi namanya gubernur, praktiknya tahanan kota, karena tidak bisa pergi ke mana-mana," ujar Anies, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga: Anies Baswedan Hadiri Rakernas 2023 PKS

1. Setelah tak jadi gubernur, Anies mengaku bisa pergi ke mana-mana

Anies Sebut Jadi Gubernur Seperti Tahanan Kota di Rakernas PKSAnies Baswedan hadir di acara Rakernas 2023 PKS di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Anies mengatakan, setelah tak jadi Gubernur DKI Jakarta kini  dia bisa pergi ke mana-mana. Anies mengatakan, dalam kunjungannya ke sejumlah daerah, dia menemukan banyak hal.

"Sesudah ini (tak lagi jadi Gubernur DKI Jakarta) banyak berjalan, dan dalam perjalanan kami merasakan artikulasi, aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya terus-menerus perbaikan, berkeliling mencermati, membaca situasi, mencoba sensitif pada perkembangan dan arah perjalanan ke depan, dan dari perjalanan itu kami merasakan adanya keinginan yang kemudian kami tulis dalam sebuah kalimat keinginan untuk meluruskan jalan, menghadirkan keadilan," kata dia.

Baca Juga: Viral! Kuda Delman Anies Mundur Jelang Deklarasi Capres, Ini Kata PKS

2. Anies klaim ciptakan rekam jejak yang baik selama jadi Gubernur DKI Jakarta

Anies Sebut Jadi Gubernur Seperti Tahanan Kota di Rakernas PKSAnies Baswedan hadir di acara Rakernas 2023 PKS di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Anies mengklaim memiliki rekam jejak yang baik saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

Anies mengatakan, ketika baru terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, banyak yang khawatir keragaman di ibu kota akan rusak.

"Apakah keragaman yang ada di kota ini bisa tetap hidup? Dan 5 tahun kemarin kita sama-sama membuktikan bukan hanya terjaga, tumbuh besar dalam suasana aman dan terjaga suasana kebinekaan terbingkai dalam kesatuan. Kebinekaan adalah karunia Allah, tapi kesatuan adalah ikhtiar kita dan di Jakarta ikhtiar itu kita wujudkan bersama," kata dia.

3. Anies harap hasil rakernas sejalan dengan musyawarah Majelis Syura PKS

Anies Sebut Jadi Gubernur Seperti Tahanan Kota di Rakernas PKSPKS resmi deklarasikan Anies Baswedan sebagai bacapres di 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Anies berharap, hasil rakernas PKS bisa sejalan dengan musyawarah Majelis Syura PKS. Salah satu hasil musyawarah itu yakni mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024.

"Bismillah insyaAllah perjalanan ini diridhai Allah, insyaAllah kemenangan diantarkan kepada kita," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya