Megawati Umumkan Cawapres Ganjar September 2023

Masa penggodokan nama cawapres apda Juli-Agustus 2023

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan bersama partai koalisinya belum menentukan siapa yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres), untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya bersama PPP, Hanura, dan Perindo, memiliki waktu untuk menggodok cawapres.

"Periode Juli, Agustus, akan menjadi momentum penggodokan. Kemudian, dicari perpaduan terbaik, tetapi juga melihat aspek-aspek elektoral. Sehingga, kesatupaduan dwitunggal kepemimpinan pak Ganjar dengan wakilnya nanti yang akan mendampingi dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia ,sehingga dapat memenangkan pemilu," ujar Hasto dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Rabu (5/7/2023)

Baca Juga: PPP Usul Sandiaga Jadi Cawapres, Ganjar: Nanti Kita Berembuk

1. September, PDIP umumkan Cawapres Ganjar

Megawati Umumkan Cawapres Ganjar September 2023Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)

Hasto mengatakan, pada September 2023, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan nama cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Meski begitu, Hasto enggan menjelaskan kapan tepatnya Megawati mengumumkan Cawapres Ganjar.

"September, tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum dalam mengumumkan calon wakil presiden yang tentu saja setelah berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar dan dengan bapak Presiden Jokowi. Kami menunggu momentum yang tepat," ujar Hasto.

Baca Juga: Sebut Ganjar The Next President, Sandiaga: Itu Ungkapan Doa

2. Kisi-kisi bacawapres Ganjar disebutkan Puan

Megawati Umumkan Cawapres Ganjar September 2023Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengungkap beberapa nama masuk dalam radar calon wakil presiden Ganjar Pranowo. Nama-nama itu di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut Puan, mereka masuk dalam peta PDIP. Tentunya, masing-masing dianggap Puan memiliki kelebihan yang bisa dipertimbangkan. PDIP, dilanjutkan Puan, akan mempertimbangkan pula kemampuan mereka dalam bekerja sama dengan Ganjar.

"Cawapres kan banyak, ada 10. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY, ya, kan? Pak sopo lagi? Pak Airlangga," ujar Puan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

3. Penentuan nama cawapres ada di tangan Megawati

Megawati Umumkan Cawapres Ganjar September 2023Puan Maharani dan Megawati Soekarnoputri saat mengunjungi Itaewon, Korea Selatan. (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Puan mengatakan, nama-nama yang masuk dalam radar nantinya akan dibahas secara internal dengan partai koalisi. Setelah itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan ke Ganjar Pranowo.

"Setelah mengerucut, kami atau Ibu Ketua Umum akan sampaikan ke capresnya, apakah nyaman dengan nama A, B, C itu. Jadi, nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi masih menimbang nama-nama yang ada," ujar Puan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya