Pakaikan Jaket PDIP ke Teten Masduki, Hasto: Sudah Jadi Kader

Teten juga pernah dicalonkan PDIP jadi cagub Jawa Barat

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, memakaikan jaket PDIP ke Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Penyematan jaket itu dilakukan Hasto dalam acara apel siaga di Alun-Alun Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (19/2/2023).

"Kita berikan tepuk tangan meriah kepada Bapak Teten Masduki, beliau juga kader PDI Perjuangan. Oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada saat Bapak Presiden Jokowi membahas susunan Kabinet Indonesia Maju, maka sesuai kepemipinannya dan rekam jejaknya, Pak Teten Masduki dipercaya sebagai Menteri Koperasi," ujar Hasto.

Baca Juga: KSP Indosurya Bebas, Teten: Kita Kehilangan Opportunity Menyita Aset

1. Teten pernah maju sebagai Cagub Jabar dari PDIP

Pakaikan Jaket PDIP ke Teten Masduki, Hasto: Sudah Jadi KaderSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, memakaikan jaket PDIP ke Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (dok. PDIP)

Hasto menerangkan, Teten merupakan orang yang sudah lama bekerja sama dengan PDIP. Teten juga pernah maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat pada Pilkada 2013 berpasangan dengan Rieke Dyah Pitaloka.

"Kemudian beliau juga ditugaskan Ibu Megawati Soekarnoputri ketika tim 11 bertugas untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan visi misi calon presiden, yaitu Bapak Jokowi saat itu. Jadi, Pak Teten dengan PDI Perjuangan sudah cukup lama. Sama juga dengan beberapa menteri yang menjadi sahabat dari Megawati Soekarnoputri," kata dia.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Perhatian Jokowi ke Banten Sangat Tinggi

2. Teten sudah punya KTA PDIP?

Pakaikan Jaket PDIP ke Teten Masduki, Hasto: Sudah Jadi KaderMenteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, hadir dalam acara rangkaian HUT ke-50 PDI Perjuangan di Bandung, Sabtu (28/1/2023) (IDN Times/Ilman)

Namun, ketika ditanya soal apakah Teten sudah mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP, Hasto tak menjelaskan secara gamblang.

"Pak Teten, dalam konteks perjuangan kepartaian, KTA ini kan melekat bukan hanya identitas suatu kartu, buat apa kartu kalau memang sifatnya tidak senapas dengan garis perjuangan partai yang ditunjukkan. Pak Teten melekat dengan garis perjuangan partai sehingga kami banyak berdialog dan Pak Teten sering kami hadirkan di dalam mendorong koperasi," ucap dia.

Baca Juga: Janji Teten Masduki, Akan Konsisten Dukung UMKM Perempuan

3. Menteri dari PDIP di kabinet Jokowi bertambah

Pakaikan Jaket PDIP ke Teten Masduki, Hasto: Sudah Jadi KaderPresiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dengan hadirnya Teten sebagai kader, menteri di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi bertambah.

Saat ini, menteri dari PDIP ada Menteri Sosial, Tri Rismahari; Menteri PANRB, Azwar Anas; Menkumham, Yasonna Laoly; dan Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

"Ya, sebenarnya banyak (menteri kader PDIP), hanya ada yang menunggu momentum (untuk deklarasi diri), nanti disebut. Ada beberapa menteri yang sudah bergabung PDI Perjuangan, hanya kartunya kita buka perlahan-lahan," imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Sudah Beri Masukan Jokowi soal Menteri yang Bisa Direshuffle

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya