Pasangan Anies-Sandiaga Dinilai Berpotensi Sukses di Pilpres 2024

Anies-Sandiaga sebelumnya memenangkan Pilgub DKI pada 2017 

Jakarta, IDN Times - Voxpol Center Research and Consulting membuat skema memasangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi capres-cawapres 2024. Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, skema tersebut dilakukan berdasarkan hasil surveinya yang dilakukan pada November 2022.

"Temuan terbaru survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan pada November 2022, menunjukkan potensi yang sangat besar bagi pasangan Anies-Sandi untuk dipasangkan sebagai calon presiden dan wakil presiden," ujar Pangi dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga: Pengamat: Sandi Sengaja Bocorkan Cerita Utang untuk Rusak Citra Anies

1. Elektabilitas dan popularitas Anies di papan atas

Pasangan Anies-Sandiaga Dinilai Berpotensi Sukses di Pilpres 2024(Sandiaga Uno berpelukan dengan Anies Baswedan di kantor Balai Kota) www.instagram.com/@sandiuno

Survei tersebut dilakukan pada 22 Oktober-7 November 2022 menggunakan metode multistage sampling. Responden yang disurvei sebanyak 1.220 orang dengan margin of error sekitar 2,81 persen.

Survei tersebut menunjukkan popularitas Anies sebesar 80,7 persen dan Sandiaga 77,4 persen. Persentase tersebut menempatkan Anies di posisi kedua dan Sandiaga di urutan ketiga.

Sementara, di posisi puncak ada Prabowo Subianto dengan popularitas 93 persen. Di posisi keempat ada Ganjar Pranowo dengan 74,7 persen.

Dari sisi elektabilitas, Anies berada di puncak dengan 23,6 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo 22 persen dan peringkat ketiga ada Prabowo Subianto 18,6 persen. Sementara, elektabilitas Sandiaga Uno ada di urutan keenam dengan 22,5 persen.

"Data ini menunjukkan pasangan ini sangat potensial dan berpeluang besar mengulang sukses di Jakarta untuk dibawa ke arena yang lebih luas sebagai kandidat calon presiden dan wakil presiden, itu artinya Anies-Sandi akan naik kelas bukan hanya untuk Jakarta tapi untuk Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Saat Tabayyun, Sandi Uno Tegaskan Patuhi Keputusan Pencapresan Prabowo

2. Anies dianggap memiliki rekam jejak baik saat menjadi Gubernur DKI Jakarta

Pasangan Anies-Sandiaga Dinilai Berpotensi Sukses di Pilpres 2024Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pangi mengatakan, Anies memiliki rekam jejak yang baik saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, Anies-Sandi juga berhasil menang di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Pasangan Anies-Sandi berhasil memenangkan pemilihan gubernur Jakarta pada tahun 2017 yang lalu berkat kampanye efektif, program pro rakyat, dukungan yang luas dari masyarakat dan berhasil menyentuh kalangan milenial untuk berperan aktif dalam politik melalui penggunaan teknologi dan media sosial," ucap dia.

3. Sandiaga juga dianggap baik menjadi Menparekraf

Pasangan Anies-Sandiaga Dinilai Berpotensi Sukses di Pilpres 2024Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sandiaga mengundurkan diri dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2018. Kala itu, Sandiaga hendak maju sebagai cawapres 2019 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Setelah Gerindra berkoalisi dengan pemerintah, Sandiaga juga diangkat Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Selama menjadi menteri, Sandiaga dianggap mampu melaksanakan tugasnya.

"Begitu juga dengan Sandiaga Uno, pengalamannya dan prestasinya di kementerian semakin membuat namanya tambah bersinar dan makin moncer, dan selalu menjadi sorotan media berkat kerja kerasnya membangkitkan kembali gairah pariwisata Indonesia pasca-serangan wabah COVID-19," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya